Ribuan Drone Bakal Kawal Pergantian Malam Tahun Baru

0
Drone pesawat tanpa awak
Drone. Foto : Shutterstock

autonesian.com –  Drone atau disebut Unmanned Aerial Vehicle (UAV) yang merupakan pesawat dengan diterbangkan tanpa awak, selain menjadi kebutuhan fotografi maupun videografi juga turut dapat digunakan sebagai kamera pengawas.

Hal itulah salah satu yang dilakukan cara oleh pihak kepolisian New York untuk mengawasi kegiatan masyarakat yang dicurigai ketika dalam moment pergantian malam tahun baru dan  demi kelancaran serta keamanan setempat.

Deputy Commissioner of Intelligence and Counterterrorism, John Miller mengatakan drone akan digunakan bersama teknologi lain untuk memastikan keamanan pergantian tahun malam nanti. Lebih dari 1.200 kamera portable dan stasioner akan digunakan untuk mengawasi keramaian.

“Kami akan menggunakan drone untuk mengawasi. Kami belum pernah melakukan itu sebelumnya. Tapi kami yakin dapat memberi bantuan baik secara visual dan fleksibilitas untuk dapat memantau kerumunan yang luar biasa,” ujar Miller yang dilansir melalui situs Ubergizmo.

Miller juga menambahkan, mereka juga akan menggunakan counter-drone technology yang merupakan teknologi untuk mencegah drone lain selain milik pihak kepolisian untuk tida bisa terbang maupun digunakan di sekitar kawasan Times Square.

Selain itu, keberadaan drone milik orang lain juga dinilai dapat mengganggu selama berjalannya aktivitas pengawasan yang dilakukan polisi setempat. Dan juga pesawat tanpa awak ini juga kabarnya telah dimodifikasi dengan dilengkapi teknologi alat anti terorisme, demi sebagai langkah keamanan ekstra.

Baca Juga :  Bosch Siap Hadirkan Fasilitas Layanan Van-Sharing Service

Sekedar informasi, Amerika Serikat sendiri memiliki kenangan buruk bagi tindakan kriminal di tengah-tengah keramaian. Salah satunya pada bulan Oktober 2017 lalu, Las Vegas telah dilanda teror penembangkan yang dilakukan oleh pihak tidak dikenal dan juga memakan 59 korban tewas.

Sementara di Indonesia, pesawat tanpa awak ini juga telah membantu sebagian tugas pihak kepolisian Republik Indonesia untuk menjangkau daerah dan medan sulit serta mengamati TKP illegal loging dari udara. Tidak hanya itu saja, Drone juga bisa memberi informasi akurat tentang barang bukti, tersangka, informasi lalu lintas dan investigasi melalui pantauan udara.

SHARE
Tri Setia Irawan
Tertarik tentang otomotif sejak bergabung bersama komunitas otomotif dan belajar menulis sejak masuk bangku SMA .Email : tri@autonesian.com / trie0856@yahoo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here