Daimler Trucks Freightliner eM2 Electric Mulai Dioperasikan

0
Daimler Trucks Freightliner eM2 Electric.
Daimler Trucks Freightliner eM2 Electric. Foto : Daimler
autonesian.com – Daimler Trucks belum lama ini secara resmi menyerahkan kendaraan komersial bertenaga listrik, yakni Freightliner eM2 Electric pertamanya kepada Penske Truck Leasing Corporation di Los Angeles, California.

Truk bertenaga listrik EM2  ini akan menjadi yang pertama dari sepuluh unit Freightliner  yang direncanakan untuk perusahaan Penske. Dan disisi lain juga sekaligus menempatkan EM2 melalui pengujian dunia nyata untuk menemukan kekurangan dalam desain truk sebelum memulai produksi massalnya pada tahun 2021.

“Bekerja sama dengan klien kami, kami sekarang akan mempercepat pengembangan model Freightliner listrik kami eCascadia dan eM2 untuk mengoptimalkan mereka untuk operasi sehari-hari yang sulit secara teknologi dan ekonomi. Di sini kami mendapat manfaat dari berbagi pengetahuan dan pengalaman global kami dalam E-Mobility Group kami,” ujar GesaReimelt, head of E-mobility Group Daimler Trucks & Bus.

Sementara seperti melansir di situs Lulop, truk berdesain mewah ini mengandalkan tenaga baterai berkapasitas yang cukup besar 550 kWh dan diperkirakan mampu melaju hingga kurang lebih 370 Km, menjadikan Freightliner eM2 sangat cocok digunakan untuk perjalanan jarak pendek.

Daimler Trucks Freightliner eM2 Electric

Autonesian Youtube Channel

Dan melalui kapasitas besar baterai tersebut, Daimler mengklaim mampu melalukan pengisian baterai dari kosong hingga 80 persen hanya memakan waktu 90 menit. Namun pihaknya tidak menentukan berapa tingkat daya pengisian tersebut dan mobil mampu menghasilkan tenaga maksium 730 hp.

Penske Truck Leasing Corporation sendiri adalah penyedia layanan transportasi global terkemuka yang telah mengoperasikan lebih dari 270.000 kendaraan dan melayani pelanggan dari lebih dari 1.000 lokasi di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Australia, dan Asia.

“Saya berterima kasih kepada Roger Nielsen dan timnya di Daimler Trucks North America atas kolaborasi luar biasa dan semangat kreasi bersama kami selama sembilan bulan terakhir untuk membawa teknologi inovatif ini ke pasar. Penske berkomitmen untuk menyediakan teknologi kendaraan yang paling efektif bagi pelanggan kami dan mendorong inovasi dan keberlanjutan dalam hal mobilitas,” tegas Brian Hard, Presiden dan CEO Penske Truck Leasing.

Selain itu juga, Daimler juga berkesempatan akan menawarkan demonstrasi untuk kedua truk ini dan kendaraan komersial lainnya di dalam ajang  Las Vegas Motor Speedway pada malam 2019 Consumer Electronic Show (CES), yang telah menjadi tempat populer bagi para pembuat mobil untuk memamerkan kendaraan listrik mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here