500 Pelajar Jabar Ikuti Program Michelin Safety Academy 2018

Michelin Safety Academy 2018
Kick Off program Michelin Safety Academy 2018 di SMK 3 Bandung. Foto : Ist
autonesian.com – PT Michelin Indonesia kembali mengajak ratusan siswa Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/SMK) di sejumlah daerah di Jawa Barat untuk berpartisipasi dalam program Michelin Safety Academy (MSA) 2018.

Program tahunan ini merupakan sebuah edukasi keselamatan berkendara untuk pengendara usia muda yang digelar di Kota Bandung ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan yang berlangsung sejak 3-20 Oktober 2018.

Memasuki penyelenggaraan MSA yang kelima, Michelin memperluas cakupan wilayah di luar Jakarta dan meningkatkan jumlah partisipan. Tahun ini, MSA menjangkau hampir 500 siswa dan tenaga pengajar dari 20 sekolah di Jawa Barat, yang mencakup Bandung, Cimahi, dan Sumedang.

Melalui kegiatan edukasi yang dikemas secara menyenangkan dan menarik, MSA bertujuan mensosialisasikan pentingnya kesadaran akan keselamatan berkendara serta menjadikannya sebagai bagian gaya hidup untuk mengurangi tingginya angka kecelakaan terutama yang melibatkan pengendara usia muda.

Berdasarkan data statistik yang dirilis oleh Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri), selama April-Juni 2018, terdapat 26.630 kasus kecelakaan lalu lintas di Indonesia yang menyebabkan 6.455 korban meninggal dunia.

Baca Juga :  Final BlackAuto Battle Bandung 2017, Ajang Adu Modifikator di Kota Kembang

Dari jumlah tersebut, 5,648 kasus kecelakaan melibatkan pengendara berusia muda dengan rentang usia 15-19 tahun dan 4.669 kasus kecelakaan untuk usia 20-24 tahun. Sementara di Jawa Barat sendiri terdapat lebih dari 1.700 kasus kecelakaan yang mengakibatkan 863 korban meninggal dunia.

Wilayah Jawa Barat dipilih seiring menjamurnya komunitas anak muda di wilayah ini, terutama Bandung dan sekitarnya. Kota Bandung yang dikenal sebagai kota pendidikan dan kota kreatif memiliki sejumlah sekolah dan perguruan tinggi terbaik dan favorit yang menjadi penggerak bagi para pelajar dari berbagai daerah untuk menuntut ilmu.

President Director Michelin Indonesia Fritz Mueller mengatakan, MSA merupakan wujud nyata kampanye Michelin, Perfection in Safety, dalam rangka menghadirkan mobilitas yang lebih aman dan lebih baik berdasarkan tiga pilar yaitu keselamatan berkendara: pemberian edukasi yang berkelanjutan, inovasi produk, serta pelayanan serta dukungan purna jual yang prima.

“Michelin sebagai produsen ban terkemuka terus berkomitmen meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya berkendara dengan aman dan bertanggung jawab untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, termasuk di Jawa Barat. Melalui MSA, kami ingin menyasar para pengendara muda yakni para siswa SMA dan SMK agar mendapatkan kesempatan memiliki kecakapan berkendara yang baik,” kata Fritz saat kick off program MSA di SMK 3 Bandung, Rabu (3/10/2018).

Baca Juga :  Mau Ditutup, Honda Siap Rombak Sistem Manufaktur Mobil Secara Global

Fritz menambahkan, sebagai pengendara yang bertanggungjawab, para pengendara wajib memahami faktor keamanan, termasuk mengenal kondisi dan komponen kendaraan maupun perilaku berkendara. Sebagai komponen terpenting pada kendaraaan yang bersinggungan langsung dengan jalan, pemilihan ban secara tepat serta memahami kondisi ban juga menjadi faktor kunci keselamatan berkendara.

Program yang akan berlangsung selama lebih dari dua pekan mendatang ini memiliki beberapa rangkaian kegiatan yaitu sosialiasi & edukasi, simulasi mengenai berkendara yang baik dan aman serta kesempatan untuk mendapatkan SIM A atau C bagi para siswa di penghujung program MSA.

Selain itu, Michelin Safety Academy 2018 juga menyediakan kegiatan pelatihan defensive driving khusus bagi para anggota komunitas pengemudi difabel dan komunitas ojek online (GRAB).

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article
Isuzu Indonesia tawarkan Down Payment (DP) mulai dari 8% di Program Hoki 8 yang berlaku di Seluruh Indonesia, sejak bulan Oktober – bulan Desember 2018

Manjakan Para Pengusaha, Isuzu Hadirkan Program Hoki 8

Next Article
David Beckham bersama SUV Vinfast LUX SA2.0

David Beckham Jadi Saksi Mata Vinfast Mobnas Asal Vietnam

Related Posts