Volvo Vera Sang Truk Trailer Otonom Mewah

0
Volvo Vera
Volvo Vera. Foto : Ist
autonesian.com – Produsen kendaraan komersial asal Swedia, Volvo Truck kembali memberikan kejutan dengan memperkenalkan truk self-driving (otonom) yang dijuluki Volvo Vera dan akan diperkenalkan pada acara khusus di Berlin, Jerman.

Volvo Vera yang mengandalkan tenaga listrik yang terdiri dari tipe driveline dan juga kabarnya menggunakan baterai yang sama digunakan oleh Volvo Truck elektrik pertamanya yang diperkenalkan pada awal tahun ini.

Meskipun produsen truk ini masih merahasiakan berapa kapasitas baterai khusus untuk Vera, namun truk EV sebelumnya hadir dengan motor listrik bertenaga 185 KW yang disalurkan melalui baterai lithium-ion antara 100 dan 300 kWh.

Dan dalam kapasitas baterai penuh, Truk EV pertamanya diklaim mampu menjangkau jarak tempuh maksimal. Sedangkan Volvo Vera yang hadir sebagai trailer masa depan ini memiliki desain yang futuristik dan mampu menarik beban hingga 32 ton.

Volvo Vera

Dan mewahnya, truk trailer ini ketika box kontainer dilepas dari bodi Volvo Vera ini tampak terlihat seperti Supercar. Selain itu juga, perusahaan ini meyakini truk trailer ini akan terbukti berguna bagi industri dengan ketergantungan yang tinggi pada truk dan transportasi.

Baca Juga :  Perusahaan Otomotif China, Geely Holding Akuisisi Saham Volvo Seharga $ 3,3 Miliar

“Karena kita menggunakan kendaraan otonom tanpa emisi gas buang dan kebisingan rendah, operasi mereka dapat dilakukan kapan saja siang atau malam. Solusinya menggunakan infrastruktur jalan yang ada dan operator muatan, sehingga lebih mudah untuk menutup biaya dan memungkinkan integrasi dengan operasi yang ada,” ujar Vice President Autonomous Solutions at Volvo, Mikael Karlsson.

Sementara di sisi kecanggihan, truk trailer ini juga akan mampu terhubung ke layanan cloud setiap saat dan memiliki pusat kontrol transportasi yang mampu mengawasi kendaraan. Salah satunya posisi jalan, muatan, persyaratan layanan, dan parameter lainnya.

Dengan kehadiran truk otonom terbarunya, produsen asal Swedia ini juga meyakini kalau pengemudi juga akan masih bisa mengendalikan sebagian besar truk untuk masa mendatang dan akan segera memperlihatkan kendaraan komersial self-drive di area terbatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here