Akibat Harga Mahal, Toyota Yaris Hatchback Tidak Dijual di India

New Toyota Yaris Bandung Jawa Barat
New Toyota Yaris Resmi dijual di Bandung, mulai harga Rp. 240.950 Juta hingga Rp. 281.050 Juta. Foto : Lufti
Baca Juga :  Tingkatkan Kenyamanan dan Keamanan, Force Car Mat Hadirkan Karpet Mobil Anti Geser
autonesian.com – Awal tahun 2018 PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan gebrakan dengan mengenalkan, Toyota Yaris terbaru. Tak ada yang mengejutkan, karena mobil ini pertama kali dikenalkan di pasar Thailand.

Indonesia sendiri, Toyota Yaris terbaru hadir dengan berbagai perubahan lebih siginfikan, dibagian eksterior yang lebih sporty berkat ‘kumis’ di bagian bumper depan. Kemudian berbagai fitur keselamatan mumpuni telah disematkan di hatchback ini seperti 7 buah airbags TRC, VSC, TRC, ABS,EBD, BA dan HAC.

Namun sayangnya, mobil andalan Toyota di Indoesia ini tidak masuk di salah satu pasar otomotif terbesar di Asia yaitu India. Melansir Drivespark, Pasar di India hanya meluncurkan versi sedan yang diberi nama Yaris, bukan versi hatchback. Padahal fitur di hatchback lebih premium

Baca Juga :  Daimler Bersama BMW Siap Tetapkan Standar Industri Mobil Otonom

Alasan Toyota Yaris hatchback tidak masuk pasar India karena harga mobil asal Jepang ini terlalu mahal. Jika dijual sekitar 1 sampai 1,2 rupee atau sekitar Rp 200-250 Jutaan. Untuk versi sedan hanya 875 rupee atau sekitar Rp 182 juta. Artinya jauh lebih murah dibandingkan dengan sedan.

New Toyota Yaris

Wakil Direktur Manajer Toyota Kirloskar Motor, N Raja juga memastkkan bahwa perusahaan tidak memiliki rencana sama sekali untuk meluncurkan varian hatchback Toyota Yaris di India.

Jika dipaksakan Toyota Yaris Hatchback hadir di India, mau tidak mau mobil ini harus dipangkas ukuran panjangnya sekitar 4 mm agar dapat masuk sebagai mobil disegmen city car. Tujuan tak lain adalah untuk memangkas pajak kendaraan lebih rendah.

Untuk saat ini Toyota Yaris hatchback memiliki ukuran panjang mencapai 4.145 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.500 mm. Mobil ini memiliki wheelbase 2.550 mm dan ground clearance 135 mm.

Baca Juga :  All New Toyota GR 86 Panaskan GIIAS 2022

Di Indonesia, New Toyota Yaris hatchback dipersenjatai mesin berkode 2NR-FE 4 silinder tipe DOHC berteknologi Dual VVT-I yang memiliki kapasitas 1.496 cc. Mesin dikawinkan dua pilihan transmisi, yaitu 5 manual percepatan atau 7 percepatan otomatis CVT. Mobil ini memberikan tenaga hingga 107 Ps per 6000 rpm dan torsi maksimum 14.3 Nm per 4200 rpm.

Baca Juga :

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Related Posts