Resmi Buka IIMS 2023, Jokowi Harapkan Industri Otomotif Tingkatkan Ekspor

Jokowi pembukaan IIMS 2023
Presiden Joko Widodo pada saat prosesi pembukaan otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/02/2023). Foto : Tangkapan layar youtube IIMS_ID/Autonesian

Autonesian.com – Pameran otomotif berskala besar Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 akhirnya secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dalam sambutan pembukaan pameran yang digelar sejak tanggal 16 hingga 26 Februari 2023 mendatang, Jokowi mengatakan Industri otomotif Indonesia memiliki prospek dan tumbuh signifikan, dimana tahun lalu berhasil mencatat kenaikan sebesar 18 persen.

Menurutnya juga, penjualan mobil tahun lalu tercatat berhasil terjual sebanyak 1 juta 80 ribu unit dan sepeda motor juga turut mengalami peningkatan sebesar 3,3 persen serta penjualannya 5,2 juta unit.

“Akibatnya sekarang macet dimana-mana,  Jakarta macet, saya pergi ke Surabaya macet, di Bandung macet terakhir Medan macet, karena memang penjualannya meningkat,” ujarnya di Ballroom JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/02/2023).

Baca Juga :  IIMS Motobike Expo Siap Suguhkan Catwalk Hingga Sepuluh Brand Sepeda Motor

Hal ini juga membuat orang nomor satu di Tanah Air ini juga turut mendorong para produsen di Indonesia untuk dapat lebih meningkatkan penjualan ke luar negeri  dan tidak hanya fokus di pasar domestik.

“Supaya tidak macet saya mengajak industri otomotif untuk lebih berorientasi kepada ekspor. Di 2021-2022 dari 300 ribu kurang lebih, naik jadi 600 ribu, tapi kita masih kalah sama Thailand,” sambung Jokowi.

Sementara pameran otomotif IIMS 2023 sendiri turut diramaikan 45 merek otomotif dari kendaraan bermotor roda empat maupun dua di Indonesia.

Pada brand mobil atau roda empat diikuti oleh Audi, BMW, Citroen, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Kia, MG, Mitsubishi, Nissan, Prestige, Subaru, Suzuki, Toyota, Wuling dan juga VW.
Sementara dari pabrikan produk roda dua, diantaranya adalah Benelli, Keeway, Energica, Husqvarna, Honda, Italjet, Kawasaki, KTM, Niu, PMA, Royal Enfield, Utomotcorps, Yadea dan juga Yamaha.
Selain itu, pameran tahunan ini juga tidak luput diramaikan berbagai brand aftermarket, pembiayaan dan perusahaan-perusahaan yang bergerak di Industri otomotif.

Untuk masalah harga tiket masuk, pihak penyelenggara Dyandra Promosindo resmi menjual nya dengan harga Rp. 50.000 per orang dan berlaku pada hari Senin hingga Kamis dan dibuka dari 11.00 wib hingga 21.00 wib.

Baca Juga :  Mobil Listrik MG ZS EV Resmi Menyapa di Tanah Air

Sedangkan untuk akhir pekan, hari Jumat hingga Minggu yang dibuka dari pukul 10.00 wib sampai 21.00 wib dijual dengan sebesar Rp 85.000 per orang.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Related Posts