Empat Fakta Wuling Motors di Momen Perayaan Ulang Tahun Ke-4

0
Wuling Confero S Bamsoet Agus Gumiwang
(Kiri dan Kanan) Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan didamping oleh Brian Gomgom, Media Relations Wuling Indonesia melihat secara langsung Wuling Confero S yang dipamerkan pada ajang IIMS Hybrid 2021. Foto : Tri

Autonesian.com – Pada tahun ini Wuling Motors resmi hadir di Indonesia telah beranjak di usia 4 tahun dalam menghadirkan sejumlah produk-produk unggulan yang ditawarkan kepada pecinta otomotif Tanah Air.

Meski masih terhitung baru, pabrikan asal Tiongkok ini terbilang bermain-main untuk meramaikan pasar otomotif Tanah Air dengan menghadirkan produk yang memiliki ciri khas fitur masing-masing tersendiri.

Adapun saat ini Wuling Motors menghadirkan sejumlah produk diantaranya Wuling Confero series dan Wuling Cortez yang hadir di segmen MPV. Selanjutnya Almaz yang sebagai produk unggulan utama yang memanaskan segmen SUV dan tidak ketinggalan pihaknya juga melangkapi segmen kendaraan komersial, yakni Formo.

Selain empat produk unggulan tersebut, pihaknya juga memiliki 4 fakta keseriusan dalam moment perayaan 4 Anniversary Wuling Motors untuk meramaikan pasar otomotif di Tanah Air. Adapun 4 fakta tersebut diantaranya :

Autonesian Youtube Channel

1. Memiliki Pabrik di Indonesia

pabrik wuling motors indonesia

Dibawah bendera PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) turut membangun pabrik yang berlokasi di kawasan Cikarang, Bekasi pada tahun 2017 silam. Pabrik ini mulai beroperasi dan mulai memproduksi pertama kali untuk Confero Series yang diluncurkan pada bulan Agustus 2017.

Berdiri diatas 60 hektar pabrik Wuling Motors turut mengaplikasikan General Motors ‘Global Manufacturing System’ (GMS) dengan kapasitas produksi tahunan sebesar 120.000 unit untuk menyediakan pilihan baru bagi masyarakat.

Penerapan GMS sendiri telah menjadi standar yang dilakukan oleh pabrikan GM (General Motors) di seluruh dunia, termasuk SGMW di Indonesia, untuk memastikan pabrik Wuling Motors memenuhi standar Internasional.

2. Pencapaian Layanan Jaringan Sales dan After Sales

Dealer Wuling Soekarno Hatta Bandung

Sejak hadir pada 11 Juli 2017, Wuling Motors pertama kali sendiri mentargetkan 50 jaringan penjualan berstandar 3S (Sales, Service, Spare part) yang tersebar di seluruh Indonesia sepanjang 2017.

Namun sejalan perkembangan dan antusias masyakat Indonesia, hingga pertengahan tahun 2021 pihaknya telah berhasil memperluas cakupan pelayanan dengan menghadirkan 124 jaringan dealer resmi yang telah tersebar di berbagai kota atau daerah di Indonesia.

3. Menghadirkan Kendaraan Pintar

Wuling Almaz RS My Wuling+ IIMS Hybrid 2021

Setelah memasarkan produk di segmen MPV yakni Wuling Confero dan Wuling Cortez, pabrikan ini telah memperkenalkan produk baru untuk kembali memeriahkan pasar otomotif khususnya di segmen SUV, yakni Wuling Almaz.

Model SUV ini sendiri pertama kali diperkenalkan pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada tahun 2018 dan 2019 pihaknya resmi mengumumkan nama Almaz. Nama ini sendiri diambil dari bahasa Arab, dimana memiliki definisi Berlian dan mengandung filosofi yang penuh arti, yakni ‘stylish, tough and priecious’.

Selanjutnya melalui tagline pertama kali hadirnya Drive Unlimited Way, Wuling Motors terus berupaya menghadirkan produk ini dengan berkonsep smart & Technology SUV yang menawarkan salah satu keunggulan Smart Multimedia serta disokong ruang pacu dengan mesin turbo.

wuling almaz rs pro

Wuling Almaz yang hadir sebagai kendaraan pintar, dimana model ini pertama kali langsung disandingkan dengan fitur Wuling Indonesian Command (WIND). Dimana melalui fitur ini, pengguna Almaz dapat mengatur kendaraannya melalui perintah suara dengan berbahasa Indonesia.

Untuk memperkuat sebagai kendaraan pintar, pada tahun 2021 pihaknya kembali mengembangkan fitur yang disematkan pada SUV satu ini dengan menghadirkan fitur inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE).

Baca Juga :  Konsep World of Wuling Hadir di GIIAS 2019

Fitur Wise sendiri merupakan perpaduan dari Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driving Assistance System (ADAS) yang semakin memudahkan dalam berkendara bersama Wuling Almaz RS. Mobil SUV ini juga dapat diatur melalui aplikasi My Wuling+ yang dapat didownload melalui Google Play Store dan Apps Store bagi pengguna IOS.

4. Respon Masyarakat

New Confero S IIMS Hybrid 2021

Sejak hadir pertama kali hadir di Indonesia, Wuling Motors terbilang terus mendapatkan respon positif oleh masyarakat yang terlihat dari angka penjualan. Hal ini terbukti dengan bermodal model pertama Wuling Confero, pihaknya berhasil melewati pabrikan Hyundai untuk Wholesales maupun Retail Sales.

Dimana menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) per juli-desember 2017 dengan mencatat angka 5,050 untuk Wholesales dan Retail Sales sebesar 3,268 unit. Sementara Hyundai hanya mencatat angka Wholesales 1,271 unit dan Retail Sales sebanyak 1,271 unit pada Januari – Desember 2017.

Pada tahun pertama di 2018, pihaknya berhasil mengalami peningkatan dengan angka 17,002 Wholesales. Untuk Retail Sales sebanyak 15,162 unit atau setara dengan menyumbang 1,3 % untuk pasar otomotif Indonesia.

Cortez CT S Indonesia On Site Review

Di Tahun kedua pada periode Januari – Desember 2019, Wuling Motors kembali berhasil mencatat angka 22,343 unit untuk Wholesales dan Retail sales sebanyak 21,112.  Sementara di tahun ketiga pada tahun 2020 dalam kondisi pandemi Covid-19, pihaknya berhasil mengukir Wholesales 6,581 dan Retail Sales 9,523 unit untuk periode Januari – Desember.

Pada usia ke empat tahun Wuling Motors di 2021 yang masih dalam kondisi pandemi Covid-19, pihaknya mempertahankan posisi baik pada periode Januari-Juni dengan mengukir angka 10,973 unit untuk Wholesales. Sedangkan Retail Sales di angka 10,187 unit atau setara 2,6% turut menyumbang di pasar otomotif Tanah Air.

Selain empat fakta tersebut, selama perjalanan pabrikan asal Tiongkok ini di Indonesia juga turut meraih berbagai penghargaan. Salah satunya penghargaan diberikan untuk seri Confero yang diluncurkan pada Agustus 2017 telah berhasil mendapatkan penghargaan di kategori small MPV pada ajang Indonesian Car of The Year (ICOTY) 2017.

Almaz RS IIMS Hybrid 2021

Pada tahun selanjutnya, Wuling Confero juga berhasil memenangkan di small MPV pada ajang Indonesian Car of The Year (ICOTY) 2017, ICOTY 2018 kategori Best Value for Money oleh Majalah Mobilmotor, serta Rookie Of The Year versi OTOMOTIF AWARD 2018

Kemudian, produk keduanya Wuling Cortez yang didebut Februari 2018 meraih predikat Best Medium MPV di ICOTY 2018 oleh Majalah Mobilmotor dan Best of Medium MPV Gasoline versi OTOMOTIF AWARD 2019.

Tidak hanya itu saja, untuk segmen SUV melalui Wuling Almaz yang pertama kali diluncurkan pada Februari tahun 2019. Pihaknya juga turut meraih penghargaan pada ajang Car of The Year 2019 dan Best Medium SUV di Gridoto Award 2019, FORWOT Car Of The Year 2019, Car of the Year 2021 dan juga Best of High SUV Gasoline.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here