Belum Beroperasi, Menteri BUMN Mulai Tinjau Langsung Tol Trans Jawa

0
BUMN Tol Trans Jawa Menteri Rini
Menteri Rini menargetkan jalur tol Surabaya-Jakarta akan beroperasi pada Desember 2018. Foto : Dok. Kementerian BUMN
autonesian.com – Dalam rangka meninjau persiapan Tol Trans Jawa yang ditargetkan akan beroperasi pada akhir tahun 2018, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meninjau secara langsung kondisi proyek tersebut.

Sementara dalam meninjau proyek tersebut, Rini berkendara menempuh rute Surabaya sampai dengan Telkom Landmark Tower yang berada di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, sebagai lokasi finish.

Dan dalam perjalanan sepanjang kurang lebih 800 Kilometer ini diperkirakan akan memakan waktu sekitar 16 jam dengan meninjau sejumlah titik dan beristirahat ini mengandalkan kendaraan Lexus LX570.

“Tol Trans Jawa adalah jalur yang dinantikan lebih dari 20 tahun, karena memang sudah dicanangkan sejak lama. Tol Trans Jawa mulai dari Merak sampai Surabaya harus bisa diresmikan pada Desember 2018, hingga kemudian tersambung sampai dengan Banyuwangi,” ujar Rini.

BUMN Tol Trans Jawa Menteri Rini

Sementara beberapa titik yang akan menjadi fokus oleh Rini dalam melakukan tinjauan secara langsung, diantaranya kondisi Jembatan Kali Kuto, Jembatan Kali Kenteng dan Rest Area.

“Dengan adanya jalan tol, lokasi-lokasi dekat pintu keluar masuk jalan tol pun tentu akan berkembang cepat sebagai kawasan bisnis, baik industri perdagangan, jasa keuangan dan perbankan dan sebagainya. Tol Trans Jawa juga akan meningkatkan pertumbuhan kawasan properti,” tambah Rini.

Baca Juga :  Dapat Helm Nolan N86 Setiap Pembelian Kawasaki Ninja 300

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desi Arryani mengatakan bahwa waktu tempuh Jakarta – Surabaya dan sebaliknya akan terpangkas signifikan berkat adanya Tol Trans Jawa. Dimana melalui jalan raya nasional bisa mencapai 20 jam, dengan jalan tol perjalanan bisa ditempuh kurang dari 15 jam.

“Waktu tempuh menjadi lebih singkat berkat adanya Tol Trans Jawa. Idealnya Jakarta – Surabaya 10 sampai dengan 12 jam. Dari Jakarta sampai ke Kota Surabaya sekitar 800 Km, kalau dipacu dengan kecepatan 100 Km per jam saja mungkin hanya 8 jam. Tapi kan tetap perlu beristirahat pengendaranya agar safety, jadi ya bisa 10 sampai 12 jam lah paling lama,” jelas Desi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here