Rayakan ke-50 Jaguar Gelar Konvoi Unik Menuju Paris

0
Deretan mobil Jaguar yang melakukan konvoi menuju Paris
Deretan mobil Jaguar yang melakukan konvoi menuju Paris. Foto : Ist
autonesian.com – Dalam merayakan ke 50 tahun untuk produksi pertama sedan mewah XJ, Jaguar resmi menggelar kegiatan konvoi yang di awali keberangkatan dari pabriknya di Castle Bromwich, Inggris dan menuju arena pameran otomotif Paris Motor Show, Prancis.

Konvoi yang dikemas secara unik dan sekaligus menggambarkan perjalanan Jaguar XJ dari masa ke masa ini akan menghadirkan delapan generasi sedan mewah yang telah diproduksi sejak tahun 1968.

Ian Callum, Direktur Desain Jaguar, melalui keterangan resminya mengatakan “Cerita tentang XJ adalah cerita tentang desain, hasrat dan performa dan selama 50 tahun terakhir Jaguar telah menjadi raksasa sejati dunia otomotif, jadi sangat wajar rasanya kami memberikan penghormatan dengan cara yang istimewa.”

jaguar xj 50th

Iring-iringan mobil ini juga dipimpin langsung oleh XJ Series I sebagai pembawa bendera XJ yang pertama dan ditutup oleh model terbaru XJ50 edisi khusus, yang sudah diluncurkan awal tahun ini. Selain itu, model-model penting lainnya seperti Series II Coupe dan X350 juga akan diikut sertakan.

Mengambil start di pabrik Castle Bromwich, konvoi yang akan menempuh perjalanan sepanjang 839 km (521 mil) ini akan singgah di beberapa lokasi penting dalam sejarah bagi produsen asal Inggris satu ini dan seri XJ seperti Jaguar Classic, Bicester Heritage Center serta sirkuit Le Mans dan Goodwood.

Baca Juga :  Suzuki Siapkan Produk Baru dan Mobil Konsep di GIIAS 2016

Selanjutnya konvoi yang akan berakhir di Paris Motor Show dan dimana akan digelar ajang memperkenalkan model XJ Series I untuk pertama kalinya pada tahun 1968 dan juga bisa dilihat secar langsung oleh para pengunjung.

jaguar xj 50th

“Saat saya memulai karir di Jaguar, seri XJ sudah menjadi kiblat bagi desain mobil. Menjadi bagian dari perjalanan setengah abadnya merupakan kehormatan tersendiri yang tak ternilai harganya,” tambah Callum.

Sementara bagi produsen mewah ini, menganggap Paris itu mempunyai arti penting dalam sejarah model  XJ. Pasalnya pada tahun 1968, model XJ diluncurkan untuk pertama kalinya di pameran otomotif tersebut, saat di mana pendiri Jaguar Sir William Lyons menyampaikan visinya tentang mobil sedan dengan handling E-type.

Mobil tersebut juga hadir dengan kombinasi yang menarik antara keindahan, keanggunan dan peforma membuat model XJ menjadi terobosan baru bagi dunia otomotif. Sejak saat itu, ajang pameran di Paris tersebut telah menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah perjalanan Jaguar XJ.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here