Suzuki Ertiga Jadi Satu-Satunya Mobil Ramah Disabilitas di Segmennya

Suzuki memperkenalkan Ertiga Support Concept di GIIAS 2018
Suzuki memperkenalkan Ertiga Support Concept di GIIAS 2018. Foto : Rockomotif
autonesian.com – Suzuki menghadirkan mobil konsep lagi di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 ini. Menariknya, mobil konsep ini punya keunggulan sebagai mobil low MPV satu-satunya di Indonesia yang punya fitur ramah terhadap disabilitas.

Suzuki menyebutnya Support Concept, menggunakan Ertiga baru yang mendapat modifikasi berupa jok yang bisa diputar. Memang PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum berencana menjual mobil ini dalam waktu dekat, alias hanya sekedar unjuk keunggulan saja.

Dari tampilan luar tidak ada beda antara mobil konsep ini dengan Ertiga standar. Karena memang ubahannya hanya pada jok depan saja.

Suzuki merancang Support Concept berbasis Ertiga dengan mengubah jok penumpang depan agar mudah diakses penumpang berkursi roda. Jok ini dapat berputar sampai 90 derajat ke arah luar dengan menarik tuas di bawah.

Memang mekanismenya masih secara manual, karena menurut Yulius Purwanto selaku Head of 4W Product Development & Acessories PT SIS perbedaan harga yang cukup mahal jika menggunakan mekanisme elektrik atau otomatis.

“Kalau menggunakan jok disabilitas otomatis yang ada di pasaran sekarang banderolnya bisa mencapai Rp 100 juta,” jelasnya di GIIAS, Selasa (7/8/2018).

suzuki ertiga disabilitas

Incar Pasar Taksi

Baca Juga :  Toyota Sienta Pop Up Playground Meriahkan Indonesia Fashion Week 2017

Jika pada mobil keluarga lain yang segmennya di atas Ertiga kursi disabilitas ini berada di belakang. Tapi kenapa Suzuki menempatkannya di depan? Menurut Yulius alasan utama karena jok di Ertiga depan ini lebih luas.

“Ruang kaki di depan itu lebih luas ketimabang di baris kedua. Jadi lebih banyak ruang yang bisa dimanfaatkan di depan. Kalau di belakang, karena posisi kaki jadi perlu ada penyesuaian lebih banyak,” ujar Yulius lebih lanjut.

Ubahan yang terjadi tidak hanya terjadi pada jok saja, tapi Suzuki juga melakukan sedikit modifikasi pada bukaan daun pintu kiri ini. Ubahan dilakukan agar pintu depan kiri dapat terbuka hampir 90 derajat.

Ternyata Suzuki memilih All New Ertiga untuk konsumen yang berkebutuhan khusus karena melihat ada celah pasar di sini.

“Dasarnya karena suzuki melihat peluang, banyaknya angkutan umum (taksi) yang memiliki kelengkapan untuk yang berkebutuhan khusus membuat suzuki berencana untuk menawarkan unit ini untuk armada tersebut,” tutupnya.

Untuk banderol harga memang belum dirilis, tapi Yulius yakin jika model produksi Support Concept ini bisa dijual dengan harga terjangkau. Wah, mesti siap-siap nih Ertiga baru mau jadi armada taksi khusus.

Total
15
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article

Meriahkan GIIAS, STP Luncurkan Dua Pelumas Terbaru Sekaligus

Next Article
MPV pertama Wuling Confero yang mampu meraih perhatian konsumen Tanah Air

Hadir di Indonesia, Wuling Motors Terus Bayangi Produsen Asal Jepang

Related Posts