Kembali Wujudkan Komitmen Soal Pendidikan, Astra Gelontorkan Dana Rp.27 Miliar

0
PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) meresmikan dan menyerahkan gedung SMKN 1 Leuwilang
PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) meresmikan dan menyerahkan gedung SMKN 1 Leuwilang. Foto : Ist

autonesian.com – Kembali mewujudkan komitmen di bidang Pendidikan, PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) meresmikan dan menyerahkan gedung SMKN 1 Leuwilang beserta seluruh sarana pendukungnya di Kec. Leuwiliang, Kab. Bogor, Rabu (12/07/17).

Gedung SMKN 1 Leuwiliang  turut diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. Selanjutnya, Direktur Astra International Paulus Bambang Widjanarko menyerahkan Gedung SMKN 1 Leuwiliang kepada Bupati Kab. Bogor Hj. Nurhayanti, S.H., M.M., M. Si., dan diteruskan dengan penyerahan aset oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor kepada Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si..

Dalam pembangunan gedung SMKN 1 Leuwilang serta pembinaannya telah menelan total biaya sekitar Rp 27 miliar atau 40% dari total Rp 47 miliar pembiayaan pembangunan dan renovasi sekolah secara nasional yang dilakukan YPA-MDR. Salah satu dari 9 yayasan dalam Grup Astra yang mencapai Rp187 miliar.

“Kami bangga terhadap Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kualitas pendidikan agar sejalan dengan program pemerintah dalam memeratakan pendidikan berkualitas,” ujar Menteri Muhadjir dalam pidato sambutannya.

Bupati Nurhayanti menambahkan dengan bantuan Astra, SMKN 1 Leuwiliang diharapkan dapat mencetak siswa yang akan mengharumkan dan memajukan Bogor. Hadirnya jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap aspek pendidikan, tetapi juga turut berperan dalam pembangunan ekonomi daerah binaan Astra.

“SMKN 1 Leuwiliang ini merupakan sekolah terkeren dan termegah dan sekaligus menjadi solusi bagi Kabupaten Bogor untuk memberikan pendidikan dengan kualitas terbaik,” ujarnya dalam sambutannya.

Baca Juga :  TAM Terus Ajak Masyarakat Peduli Kebersihan di "Semanggi Bersih"

Bersama dengan YPA-MDR sebagai pengelola bantuan, Astra telah membantu dan membina 61 sekolah negeri, yaitu 48 SD, 9 SMP dan 4 SMK yang terletak di Kabupaten Bogor, Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Bantul, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Serang dan Kabupaten Kupang. Jumlah guru yang dilayani sebanyak 842 orang dan jumlah siswa sebanyak 13.094 orang.

Sementara pembangunan SMKN 1 Leuwiliang memanfaatkan 75% dari luas tanah 10.000 m2 yang telah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor. Total biaya pembangunan SMKN 1 Leuwiliang dan pengadaan sarananya mencapai Rp24 miliar. Selain itu ada biaya pembinaan untuk guru dan murid senilai Rp 3 miliar, sehingga total untuk SMKN 1 ini Astra mengeluarkan Rp 27 miliar.

Disamping itu, SMKN 1 Leuwiliang juga dipersiapkan menjadi Information Communication Technology (ICT) Based School dimana pemanfaatan teknologi berbasis IT akan diterapkan dalam kurikulum sekolah.

Sebagai penunjang, Astra berkolaborasi dengan PT Astra Graphia Information Technology (AGIT) dan Politeknik Manufaktur Astra dalam hal pengadaan dan instalasi sarana. Dan juga sarana yang diberikan berupa peralatan komputer untuk laboratorium komputer dan bahasa beserta software.

Baca Juga :

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here