Hino Gelar Prakerja Bagi Supir Truk dan Bis

Hino Prakerja GIIAS 2023
Manajemen Hino bersama Chairul Saleh, Asisten Deputi IV Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Andreas Aditya Swasti, Head of Ecosystem D. Foto : Ist/Autonesian

Autonesian.com –  Dalam mendorong Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia menggelar diskusi panel di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Mengusung topik diskusi : Hino Indonesia Academy Berkontribusi untuk Program Pelatihan di Ekosistem Prakerja. Diskusi Panel dibuka oleh opening speech Chairul Saleh, Asisten Deputi IV Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Setelah itu diskusi menghadirkan Andreas Aditya Swasti, Head of Ecosystem Development Kartu Prakerja – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Pieter Andre, Head of Hino Indonesia Academy.

Hino Indonesia Academy, merupakan lembaga pelatihan resmi dari HMSI, turut berkontribusi dalam mendukung Program Ekosistem Prakerja melalui penyelenggaraan pelatihan mengemudi truk dan bus.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor transportasi serta berperan dalam mengentaskan pengangguran dan mewujudkan transportasi yang lebih aman di Indonesia.

Sebagai bagian dari visi dan misi Hino “Membuat dunia dan masa depan yang lebih baik dengan menolong orang dan barang mencapai tempat yang mereka tuju”.

Hino Indonesia Academy telah aktif berpartisipasi dalam mendukung Program Ekosistem Prakerja yang dicanangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian yang ditetapkan oleh SK Nomor 43 Tahun 2023 Tentang Penetapan Lembaga Pelatihan Program Kartu Prakerja.

Baca Juga :  Meriahkan GIIAS, STP Luncurkan Dua Pelumas Terbaru Sekaligus

Melalui program ini, pihaknya menyelenggarakan pelatihan mengemudi truk dan bus yang tidak hanya memberikan keterampilan praktis kepada peserta, tetapi juga membantu mereka memperoleh pengetahuan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan di industri transportasi.

Hingga tahun 2024, Hino Indonesia Academy memiliki target untuk melatih lebih dari 800 peserta dalam pelatihan mengemudi truk dan bus. Dengan dukungan fasilitas modern dan instruktur yang berkualitas tersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Lembaga pelatihan ini, berkomitmen untuk memberikan pembelajaran yang efektif dan interaktif kepada para peserta, sehingga mereka dapat menjadi pengemudi truk dan bus yang handal dan berkompeten.

Selain memberikan keterampilan mengemudi truk dan bus, pelatihan yang diselenggarakan oleh Hino Indonesia Academy juga memberikan pemahaman tentang etika dan keselamatan berkendara. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan transportasi yang aman dan bertanggung jawab di jalan raya.

Santiko Wardoyo, COO – Director HMSI, mengatakan “Pentingnya kualitas SDM di sektor transportasi tidak dapat dipandang sebelah mata. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Hino Indonesia Academy di Program Ekosistem Prakerja diharapkan dapat membantu mengatasi masalah pengangguran dengan memberikan kesempatan bagi individu untuk memiliki keterampilan yang dibutuhkan dalam industri yang berkembang pesat ini. Selain itu, dengan memiliki pengemudi yang terlatih dengan baik, diharapkan tingkat kecelakaan dan risiko dalam transportasi dapat ditekan, menjadikan transportasi di Indonesia lebih aman dan nyaman bagi semua pihak”.

Baca Juga :  Selama Ramadhan, Auto2000 Berikan DP dan Cicilan Ringan

Pada kesempatan yang sama, Chairul Saleh, Asisten Deputi IV Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengatakan,”“Partisipasi Hino Indonesia ini, sejalan dengan apa yang diharapkan oleh Bapak Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, selaku Ketua Komite Cipta Kerja, agar industri-industri besar sebagai mitra strategis dapat masuk menjadi penyedia pelatihan pelatihan berkualitas dalam ekosistem Kartu Prakerja.”

Hino Academy Indonesia dengan 2 jenis pelatihan yang memang dibutuhkan dan sejalan dengan kebutuhan pasar kerja yaitu pelatihan mengemudi kendaraan besar truk dan pelatihan mengemudi kendaraan besar bus. Kedepan, diharapkan Hino dapat terus mengembangkan serta memperluas cakupan pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan” tutup Chairul.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Related Posts