Hyundai Siap Bangun Pabrik baterai di Indonesia

pabrik baterai Hyundai Energy Indonesia
Peresmian Pembangunan Hyundai Energi Indonesia. Foto : Ist/Autonesian

Autonesian.com – Dalam keseriusnya menghadirkan model kendaraan listrik di Indonesia, Hyundai Motor Group melalui anak perusahaannya Hyundai Energy Indonesia (HEI) resmi mengumumkan dimulainya pembangunan pabrik battery system Hyundai pertama di Indonesia.

Pabrik yang berlokasi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat ini dibangun sebagai hasil kolaborasi Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dengan Hyundai Mobis, fasilitas ini akan mendukung Indonesia untuk menjadi hub kendaraan listrik di Asia Tenggara.

Dana sebesar 60 juta dolar AS (sekitar 900 miliar rupiah) diinvestasikan terhadap pembangunan pabrik ini yang akan memulai produksi massal pada paruh pertama tahun 2024.

Pabrik battery system ini bertujuan memastikan pasokan baterai kendaraan listrik yang stabil untuk mobil listrik bertenaga baterai atau battery electric vehicle (BEV) serta memperkuat rantai pasok dalam kegiatan produksi secara berkelanjutan.

Baca Juga :  Piala Dunia Resmi Digelar, Hyundai Motorstudio Hadirkan Sejarah Sepak Bola Dunia

Kehadiran fasilitas tersebut sekaligus menegaskan komitmen Hyundai dalam membangun ekosistem mobil listrik di Indonesia. Dengan begitu, Hyundai dapat secara konsisten mendukung industri dan ekosistem mobil listrik Indonesia dalam mengembangkan kapabilitas industri komponen otomotif dalam negeri, khususnya di sektor kendaraan listrik.

Chang Oug Hong, President Director Hyundai Energy Indonesia mengatakan, “Pembangunan pabrik battery system ini semakin menegaskan komitmen Hyundai dalam memimpin elektrifikasi di industri otomotif Indonesia. ”

“Adapun investasi yang diputuskan sudah melalui pertimbangan matang dan terukur dari principle global Hyundai untuk memastikan kapabilitas fasilitas tersebut dalam mendukung rantai pasok kendaraan listrik secara maksimal,” terangnya.

Hyundai berharap dengan adanya pabrik battery system ini akan membantu perusahaan mencapai tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang ditentukan untuk kendaraan listrik menanggapi kenaikan nilai TKDN yang akan diterapkan di Indonesia.

Baca Juga :  GIIAS Kembali Siap Digelar dan Ada Daftar Merek Baru

Sebelumnya, Hyundai telah berkomitmen dalam memusatkan kegiatan produksi kendaraan listriknya di dalam negeri yang diwujudkan dengan memproduksi Ioniq 5 di fasilitas PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Lebih lanjut, dengan proses konstruksi pabrik yang akan selesai pada tahun depan, Hyundai akan dapat segera menghadirkan rantai pasok kendaraan listrik yang lengkap.

Produksi battery system dan sel baterai (dijadwalkan untuk dimulai pada pertengahan awal tahun 2024) akan melengkapi kegiatan manufaktur kendaraan listrik Hyundai di Indonesia yang telah beroperasi sejak Maret 2022.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article
motor listrik ALVA Cervo

Motor Listrik ALVA Resmi Hadirkan Model Baru di Indonesia

Next Article
Vespa LX 125 i-get dan Vespa S 125 i-get

Vespa Indonesia Kembali Hadirkan Deretan Koleksi Warna Baru

Related Posts