Toyota Indonesia Ukir Rekor Angka Ekspor di Tengah Kondisi Tantangan Global

Toyota Indonesia Ekspor
Kendaraan yang diekspor oleh Toyota Indonesia. Foto : Dok. TMIIN/Autonesian

Autonesian.com – Dalam membuka lembaran baru di awal tahun 2023, Toyota Indonesia resmi mencatat rekor pertumbuhan baru performa ekspor kendaraan Toyota brand sebesar hampir 297ribu unit, di sepanjang Januari hingga Desember 2022. 

Pencapaian tersebut naik 58% dibandingkan dengan kinerja ekspor pada tahun 2021. Hal tersebut juga membuat performa ekspor Toyota Indonesia telah memberikan kontribusi nyata sebesar 63% terhadap total ekspor CBU dan nasional sejumlah 473,602 unit.

Sebanyak 297 ribu unit kendaraan Toyota buatan anak bangsa, diterima dengan baik oleh konsumen mancanegara ke lebih dari 80 negara. Pencapaian ini merupakan rekor tertinggi aktivitas pengiriman kendaraan Toyota ke pasar internasional, sejak tahun 1987 hingga tahun 2022.

Baca Juga :  Lexus IS 300 F Sport Black Line Special Edition Siap Hadir Hanya 900 Unit

Selama lebih dari 3 dasawarsa, Toyota Indonesia telah mengirimkan sebanyak 2,3 juta unit kendaraan Toyota brand ke berbagai negara tujuan ekspor, dan Toyota Fortuner menempati posisi pertama sebagai kontributor ekspor terbesar hingga 578 ribu unit sejak pengiriman perdananya.

Selain itu, pihaknya mengakui dalam rekor tersebut selama perjalanan pertumbuhan dan pencapaian ekspor industri otomotif nasional tidak dapat diraih secara singkat serta membutuhkan kerja keras juga proses yang cukup panjang.

“Sejak tahun 1987, selama 35 tahun kami menginisiasi ekspor perdana kendaraan Toyota Indonesia buatan anak bangsa, dengan mengirimkan Kijang, hingga akhirnya berhasil mengirimkan 297 ribu unit kendaraan Toyota brand di sepanjang tahun 2022,” ungkap Bob Azam Direktur Hubungan Eksternal PT TMMIN melalui keterangan resminya.

Baca Juga :  Toyota Yaris Heykers Siap Sapa Para Pecinta Hatchback

Bob juga menjelaskan,”Bahkan, Toyota Veloz yang baru kami ekspor di tahun lalu, menjadi kontributor terbesar di angka 70 ribu unit. Tahun ini, kami juga akan melakukan ekspansi negara tujuan ekspor ke Kawasan Afrika, sebagai salah satu strategi untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.”

Pihaknya juga menegaskan dengan pencpaian ini tidak dapat di raih tanpa adanya dukungan, insentif, serta kebijakan penuh dari Pemerintah. Di tengah ancaman perlambatan ekonomi global pun, Toyota Indonesia tetap menargetkan pertumbuhan kinerja ekspor tahun 2023 akan naik sebesar 5%.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Related Posts