Shell Indonesia Kembali Dongkrak Kapasitas Pabrik Pelumas di Indonesia

Shell Indonesia pabrik pelumas marunda
Pabrik pelumas Shell di Marunda, Kab. Bekasi, Jawa Barat. Foto : Tri/Autonesian

Autonesian.com – Dalam memenuhi kebutuhan pelumas premium yang terus meningkat di Indonesia, Shell Indonesia kembali memperluas pabriknya yang berlokasi kawasan Marunda, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Ekspansi Marunda Lubricants Oil Blending Plant (LOBP) ini diharapkan dapat memproduksi 300 juta liter pelumas per tahun. Sebelum ekspansi, LOBP Marunda memiliki kapasitas produksi 136 juta liter per tahun.

Dalam acara peresmian pabrik, Menteri Perindustrian Republik Indonesia yang diwakilkan oleh Direktur Industri Kimia Hilir dan Farmasi, Saiful Bahri turut memberikan apresiasi atas komitmen Shell untuk memperluas investasi di Indonesia dan berinovasi untuk membantu ketersedian pelumas serta menopang pertumbuhan perekonomian nasional

“Kami berharap Shell dapat terus menjadi mitra strategis Pemerintah Indonesia dalam peningkatan kapasitas industri sektor pelumas di tanah air,” terang Saiful.

Selain berkapasitas besar, pabrik pelumas Shell Indonesia juga turut didukung dengan penerapan berbagai teknologi kelas dunia, seperti peralatan pencampuran mutakhir (cutting-edge blending equipment).

Dan juga diperkuat dengan mesin pengisian berkecepatan tinggi (high-speed filling lines), dan Automatic Mobile Robot (AMR) – sebuah sistem robot pintar yang mampu menurunkan, menempatkan, dan menyusun produk pelumas dari mesin pengisian kemasan untuk membantu proses pemuatan pada truk.

Baca Juga :  Pertamina Lubricants Hadirkan Enduro Express di Kelapa Gading

Sebagai bagian dari strategi Powering Progress Shell untuk mengurangi emisi dari kegiatan operasional, pabrik ini dilengkapi dengan berbagai fitur keberlanjutan yang meliputi instalasi panel surya dan sistem penampungan air hujan (rainwater harvesting system) untuk membantu mengurangi konsumsi air.

Shell Indonesia pabrik pelumas marunda

Machteld De Haan, Shell Executive Vice President, Global Lubricants, menyampaikan, “Indonesia adalah pasar pertumbuhan utama bagi Shell dan investasi kami dalam perluasan pabrik LOBP di Marunda merupakan bentuk kepercayaan kami terhadap pasar Indonesia.”

Machteld De Haan juga menjelaskan,”Pelumas merupakan elemen penting yang dapat mendorong pertumbuhan berkesinambungan di Indonesia, dan perluasan pabrik ini akan memperkuat rantai pasokan kami sehingga mampu melayani lebih banyak konsumen secara lebih cepat dan berkelanjutan.”

LOBP Marunda sendiri akan terus memproduksi beragam produk pelumas terkemuka dari Shell, yaitu Shell Helix (pelumas mesin mobil), Shell Advance (pelumas motor), Shell Rimula (pelumas mesin diesel heavy duty), Shell Spirax (pelumas transmisi), dan pelumas industri lainnya.

Baca Juga :  FUCHS Silkolene Resmi Luncurkan Rangkaian Produk Oli Motor Baru di Indonesia

Produk-produk ini akan mendukung kebutuhan pelumas untuk kendaraan bermotor dan sejumlah sektor lainnya seperti pertambangan, pembangkit listrik, transportasi, dan pembangunan infrastruktur yang berkembang di Indonesia.

Kebutuhan pelumas terbesar di dalam negeri hadir dari sektor otomotif, industri, dan kelautan. Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengungkapkan bahwa terdapat lebih dari 800 ribu kendaraan baru yang terjual pada tahun 2021 .

Sementara, data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukkan bahwa lebih dari lima juta unit motor telah terjual di Indonesia pada periode yang sama.

Fasilitas pabrik pelumas Shell yang berlokasi di Marunda, Bekasi ini juga selain memproduksi deretan produk andalannya dan turut memproduksi pelumas-pelumas sesuai standar Original Equipment Manufacturer (OEM) yang telah bekerjasama oleh pihaknya.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article
Mitsubishi eCanter touring KTT G20

Truk Listrik, Mitsubishi eCanter Ikut Touring dan Pameran untuk Mendukung G20

Next Article
Federal Oil Mechanic Contest 2022 Final

Guna Tingkatkan Kualitas Layanan Servis, Federal Oil Cetak Mekanik Terbaik di Mechanic Contest 2022

Related Posts