Astra Otoparts Sabet Penghargaan di The ASEAN Enterprise Innovation Awards

Astra Otoparts Penghargaan ASEAN Enterprise Innovation Awards
Penghargaan Astra Otoparts dari The ASEAN Enterprise Innovation Awards diterima oleh Direktur Astra Otoparts Yusak Kristian Solaeman di The Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta (1/11/2022). Foto : Autonesian/Dok.AOP

Autonesian.com – PT Astra Otoparts Tbk (Astra Otoparts) terpilih sebagai salah satu pemenang The ASEAN Enterprise Innovation Awards mewakili Indonesia yang diselenggarakan oleh The ASEAN Innovation Business Platform (AIBP).

Keberhasilan pihaknya juga memenangkan penghargaan ini merupakan buah dari inisiasi transformasi digital Astra Otoparts sebagai kunci peningkatan produktivitas yang agresif dalam memastikan daya saing untuk keberlanjutan jangka panjang.

The ASEAN Enterprise Innovation Awards sendiri telah dilaksanakan sejak 2017 oleh AIBP dengan tujuan utama memberikan penghargaan kepada organisasi yang telah melakukan inisiatif untuk mentransformasikan bisnisnya dengan mengadopsi teknologi digital.

Penghargaan diadakan setiap tahunnya di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam, di mana dua pemenang dari setiap negara dipilih setiap tahunnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada The ASEAN Innovation Business Platform atas terpilihnya Astra Otoparts sebagai salah satu pemenang The ASEAN Enterprise Innovation Awards tahun 2022. Apresiasi ini kembali menjadi penyemangat bagi kami untuk terus melakukan transformasi digital demi keberlanjutan jangka panjang bagi seluruh stakeholder kami,” ujar Direktur Astra Otoparts, Yusak Kristian Solaeman .

Baca Juga :  Daihatsu Sigra Sokong Penjualan di Awal Tahun 2018

AIBP sendiri merupakan unit bisnis dari Industry Platform, sebuah perusahaan konsultan pertumbuhan yang berbasis di Singapura, yang juga menjadi jalan bagi organisasi publik dan swasta di Asia Tenggara untuk mengakses dan bertukar informasi tentang pertumbuhan dan inovasi dalam ruang B2B.

Melalui jaringan lebih dari 30.000 pemangku kepentingan di Asia Tenggara, saat ini AIBP terus mengembangkan ekosistem dengan terlibat dalam kegiatan yang menciptakan informasi bernilai tambah bagi pemangku kepentingan yang ingin membuat dampak transformatif dalam organisasinya, termasuk melakukan riset pasar dan akses melalui formulasi dan eksekusi strategi pengembangan bisnis.

Astra Otoparts Penghargaan ASEAN Enterprise Innovation Awards

Astra Otoparts merupakan grup perusahaan komponen otomotif yang terdiri dari lini bisnis manufaktur dan perdagangan. Implementasi transformasi digital dilakukan baik di lini manufaktur maupun perdagangan serta di area administrasi perusahaan.

Transformasi digital ini dijalankan untuk memperkuat operational excellence di semua lini dengan melakukan modernisasi proses bisnis utama serta menjadi enabler untuk pertumbuhan di masa mendatang.

Baca Juga :  All New Toyota Voxy Sambangi GIIAS Surabaya 2017

Implementasi di area manufaktur membawa seluruh perusahaan di grup Astra Otoparts dalam meningkatkan produktivitas dan kecepatan pengambilan keputusan dilakukan melalui beberapa level implementasi automasi, digitalisasi dan konektivitas yang terintegrasi, menuju penerapan Industry 4.0.

Hal tersebut dilakukan untuk mencapai level smart factory. Keberadaan Divisi Winteq di dalam PT Astra Otoparts Tbk sebagai implementor yang menggawangi Integrated Automation System juga sangat membantu dalam peningkatan kesiapan digitalisasi di berbagai perusahaan.

Peningkatan proses pemeriksaan, mencakup otomatisasi uji pemeriksaan kualitas yang digabungkan dengan penerapan artificial intelligence (AI) yang dilakukan di salah satu perusahaan di grup Astra Otoparts, mampu menghasilkan peningkatan dalam kecepatan pemeriksaan tanpa mengorbankan kualitas produk.

Selain itu penerapan di area perdagangan pada Astraotoshop.com mengintegrasikan semua interaksi dengan customer baik B2B maupun B2C serta seluruh jaringan, untuk menciptakan seamless customer experience melalui omnichannel yang dimiliki.

Melalui Astraotoshop.com, customer dapat melakukan pemesanan komponen secara daring dan melakukan pemasangan secara luring di jaringan Shop&Drive.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article
RSV Helmet Windtail Ryujin IMOS 2022

Meriahkan IMOS 2022, RSV Helmet Rilis Model Baru New Windtail

Next Article
ION Mobility M1-S

Motor Listrik ION Mobility M1-S Curi Perhatian di IMOS 2022

Related Posts