Kencan Singkat Mobil Listrik Wuling Air EV

Wuling Air EV. Foto : Autonesian/Tri
Wuling Air EV. Foto : Autonesian/Tri

Autonesian.com – Setelah resmi diumumkan harga jual Wuling Air EV di pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, kini kami mendapatkan kesempatan mencoba langsung mobil listrik satu ini.

Pada kesempatan uji coba mobil listrik pertama dari Wuling Motors ini kami mendapatkan tipe tertinggi, yakni long range dan rute pendek dengan jarak kurang lebih 2 km dan memanfaatkan area Nava Park, BSD, Tangerang.

Meski dengan jarak pendek, kami disajikan rute kondisi selayaknya perkotaan dan terdapat rintangan berupa ramp serta putaran dengan radius kecil.

Wuling Air EV Test Drive

Tidak perlu panjang lebar dalam kesempatan pertama sebagai pengemudi, kami langsung berfokus terhadap performa dengan mencoba mode sport. Meski demikian mobil listrik ini menawarkan tiga pilihan mode mengemudi : Eco, Normal dan Sport.

Dalam first drive dengan mode sport membuat kami cukup terkejut, dimana kami langsung merasakan akselerasi instan yang mencapai 90 km/jam dengan kondisi jalan lurus. Secara catatan, Wuling Air EV Long Range ini dapat melontarkan torsi mencapai 100 Nm.

Baca Juga :  Kia Sportage Generasi ke 4 dan Grand Sedona Sapa Warga Bandung

Selanjutnya ketika melewati ramp tanjakan dengan kemiringan standar, kami langsung mencoba kenyamanan terhadap suspensi. Dimana kami merasakan kenyamanan dan mencoba fungsi fitur Auto Brake Hold (AHB), Hill Hold Control (HHC).

Wuling Air EV Test Drive

Melalui kedua fitur yang terpasang tersebut, membuat mobil listrik tertahan atau tidak jalan pada saat tanjakan maupun turunan. Meski kita tidak menginjak rem.

Pada tahap medan putaran yang disajikan, kami diberikan kemudahan untuk berputar meski radius putaran pendek. Hal ini membuat kami beranggapan mobil ini sangat cocok untuk dikendarai di perkotaan maupun melewati jalan-jalan sempit, karena memiliki radius putaran 4,3 meter.

Setelah kami berkesempatan sebagai pengemudi, kami juga berkesempatan sebagai penumpang depan. Dimana kami merasakan nuansa selayaknya di rumah melalui desain dashboard yang minimalis dan desain panel kontrol terkini.

Menariknya, meski dijual mulai harga Rp 238 juta untuk Standard Range (200 km) dan Rp295 juta bagi Long Range (300 km). Wuling Air EV ditawarkan dengan fitur teknologi terkini seperti yang tertanam di Wuling Almaz RS dan Cortez, yakni WIND (Wuling Indonesia Command).

Baca Juga :  GIIAS 2016 Kembali Siap Digelar di Bulan Agustus

Wuling Air EV Test Drive

Melalui fitur WIND tersebut, kami bisa mengendalikan mobil ini melalui perintah suara dengan bahasa Indonesia. Adapun fungsi perintah suara tersebut seperti membuka atau menutup kaca jendela dan pendingan udara (AC).

Di samping itu, Air EV masih memiliki antara lain Smart Key System, Keyless Start/Stop, Meter Cluster dan Head Unit 10 Inci, hingga Internet of Vehicle (IoV).

Disisi lain, pada saat sebelumnya menjadi pengemudi kami merasakan tidak kenyamanan pada bagian pedal gas. Dimana kami ketika menginjak gas tersebut, kaki kami menempel pada karpet dasar pada Wuling Air EV.

Besar harapkan kami tersebut bisa dilakukan perubahan kedepannya, untuk meningkatkan kenyaman dan menghindari timbulnya kecelakaan.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article
SEVA GIIAS 2022

SEVA Hadirkan Kemudahan Pembelian Mobil Baru di GIIAS 2022

Next Article
Isuzu part depo makassar sulawesi selatan GIIAS

Isuzu Resmikan Part Depo untuk Penuhi Kebutuhan Konsumen Sulawesi Selatan

Related Posts