Toyota Corolla Bertampang Baru Segera Diluncurkan di Tanah Air

Toyota Corolla Cross
Toyota Corolla Cross. Foto : indiacarnews

Autonesian.com – Setelah diperkenalkan secara global atau world premiere di Bangkok, kini Toyota Corolla Cross dijadwalkan akan resmi menyapa pasar otomotif Tanah Air.

Peluncuran tersebutnya diperkuat melalui undangan masuk kepada ruang redaksi Autonesian.com yang menyatakan bahwa PT Toyota Astra Motor (TAM) akan merilis kehadiran Corolla Cross pada tanggal 6 Agustus 2020 mendatang.

Selain itu dengan melihat kondisi pandemi covid-19, pihak TAM juga turut melakukan waktu peluncuran secara terbuka kepada publik dengan memanfaatkan channel di Youtube Toyota Indonesia.

Sementara di pasar Thailand atau dikenalkan negeri Gajah Putih, Toyota Corolla Cross hadir dengan dua varian, yakni dipersenjatai mesin konvensional dan hybrid. Untuk masalah harga dijual mulai 989.000 baht – 1.199.000 baht atau sekitar Rp 450 jutaan – Rp 550 jutaan jika melihat kurs saat ini.

Baca Juga :  BMW M5 Edisi Khusus dan Terbatas Resmi Meluncur

Untuk spesifikasi secara detail, varian yang dipersenjatai mesin bensin konvensional mengusung mengandalkan mesin berkode 2ZR-FBE 1.8 liter atau yang digunakan sama dengan Toyota Corolla Altis dan C-HR yang mampu melontarkan tenaga hingga 140 PS dengan torsi 177 Nm.

Sementara pada varian hybrid, mobil ini mengandalkan mesin konvensional berkode 2ZR-FXE 1.8 liter dan dipadukan dengan motor listrik. Dan masing-masing menghasilkan tenaga 98 ps dengan torsi 142 Nm dan  72 PS dengan torsi 163 Nm.

Untuk pasar Indonesia, jika melihat model sebelum-sebelumnya yang diluncurkan sama dengan Thailand kemungkinan tidak akan berbeda dalam spesifikasi. Selain itu tampaknya, pihak TAM juga saat ini masih mengimpor Corolla Cross ini secara utuh (CBU) dari negeri Gajah Putih.

Baca Juga :  Ferrari Catat Rekor Penjualan di Kuartal 3

Selain itu, jika melihat adanya fasilitas pengecualian tarif imppr bea masuk di skema kerjasama perdagangan bebas regioal ASEAN (AFTA) tampaknya akan dimanfaatkan oleh PT Toyota Astra Motor. Dengan fasilitas itu maka tarif bea masuk barang impor bisa mendapat keringanan antara 5% sampai 0%.

Toyota Corolla Cross sendiri merupakan versi crossover yang dikembangkan dari Toyota Corolla dengan menggunakan platform teknologi TNGA (Toyota New Global Architecture) dan juga digunakan sama pada Toyota C-HR, Corolla Altis, dan model terbaru lainnya.

Sedangkan Corolla Cross jika hadir di Indonesia akan bersaing secara langsung dengan Mazda CX-30, Mitsubishi Eclipse Cross, dan juga Honda HR-V. Dan kita tunggu saja berapa harga jual dan spesifikasi secara detail untuk pasar otomotif di Indonesia.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article
Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Motors Fokuskan Bisnis di Asean Hingga Indonesia

Next Article
Wuling Cortez CT Tipe S Indonesia

Wuling Kini Hanya Pasarkan Cortez yang Dipersenjatai Mesin Turbo, Apa keunggulannya?

Related Posts