Tidak Mau Kalah Bersaing, Mobil Listrik Tesla Model 3 Resmi Meluncur

0
Tesla Model 3 Prestige Motorcars
Tesla model 3 hadir di Indonesia dengan menawarkan tiga varian. Foto : Tri

Autonesian.com – Sejalannya kebijakan pemerintah terhadap kendaraan listrik, akhirnya Tesla Model 3 secara resmi hadir di tanah air dan dibawa secara langsung oleh Prestige Motorcars yang diperkenalkan di kawasan SCBD, Jakarta, Sabtu (31/08/2019).

Tesla Model 3 sendiri merupakan pabrikan otomotif ternama yang berasal dari Amerika Serikat dan model terbaru tersebut juga diklaim sebagai varian paling terjangkau dari seluruh line up produk unggulannya yang ada saat ini.

“Ini merupakan era baru kendaraan listrik, bahwa dengan harga mobil listrik yang semakin terjangkau dan turut sertanya Pemerintah mendukung kendaraan berbasis insentif yang ada,” ujar Rudy Salim, Presiden Direktur Prestige Motorcars disela-sela peluncurannya.

Mobil listrik yang berdesain ikonik dan modern ini hadir di Indonesia dengan tersedia tiga varian, yaitu Standar Range Plus,  Long Range, dan Performance. Dimana masing-masing varian Tesla Model 3 tersedia dalam lima pilihan warna, yaitu Pearl White Multi Coat, Solid Black,  Midnight Silver Metallic, Deep Blue Mettalic, & Red Multi Coat.

Sementara untuk performa, model ini mengadopsi tenaga baterai yang memiliki  tenaga sebesar Society of Automotive Engineering (SAE) 258 HP @RPM dengan torsi mencapai 217 rpm dan masing-masing varian ditawarkan berbeda kemampuan jarak tempuh.

Untuk varian Standar Range Plus dengan penggerak roda belakang mampu berakselerasi 0-100 km/jam yang mampu memakan waktu hanya 5,3 detik dan kecepatan maksimum 225 km/jam.

Tesla Model 3 Prestige Motorcars

Varian selanjutnya, Long Rate berpenggerak semua roda dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam waktu 4,4 detik dengan kecepatan maksimum 233 km per jam dan Performance dengan penggerak semua roda mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 3,2 detik dengan kecepatan maksimum 261 km/jam.

Baca Juga :  Sambut Tahun Baru, DAM Tebar Promo Gratis Helm Nolan dan Tas Samsonite

Selanjutnya untuk jarak tempuh, masing-masing varian juga menawarkan perbedaan. Standar Range Plus mampu mencapai jarak tempuh hingga 386 km, Long Range dan Performance hingga 499 km dalam waktu satu kali pengisian penuh daya baterai.

Selain itu, Model 3 juga diklaim mampu menekan biaya opersional pengisian daya secara siginifikan. Pasalnya mampu sekali pengisian dari nol hingga penuh, hanya memakan biaya sebesar Rp. 70.000 dengan estimasi waktu pengisian mencapai empat jam atau setara seperlima lebih hemat dibandingkan biaya bahan bakar kendaraan konvensional yang menggunakan mekanisme combustion engine.

Istimewanya,  sesuai kebijakan kendaraan listrik di Tanah Air. Tesla Model 3 ini juga mendapatkan keistimewanan dalam hal kebal pembatasan peredaran, seperti ganjil genap.  Selain itu,  Pemerintah juga mencanangkan kebijakan bebas biaya parkir untuk lokasi tempat parkir yang lokasinya ditentukan oleh Pemerintah daerah.

Hal tersebut juga sesuai dukungan terhadap Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai yang telah diundangkan pada tanggal 12 Agustus 2019.

Untuk masalah harga, sayangnya pihak Prestige Motorcars seperti biasa merahasikan harga jual dari deretan mobil mewah. Namun demikian, pihaknya memberikan memberikan layanan 2 tahun garansi, jaminan suku cadang, service, dan jaminan baterai selama 8 tahun untuk setiap pembelian unit Tesla guna menjamin rasa aman kepada konsumen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here