Toyota dan Mazda Berkolaborasi Hadirkan SUV Baru

0
Ilustrasi Toyota FT-4X Concept. Foto : Ist

Autonesian.com – Dua produsen mobil terbesar asal Jepang, Toyota bersama Mazda dikabarkan akan menghadirkan produk terbarunya untuk model SUV dengan berbagi komponen.

Seperti dilansir melalui Carscoops, model SUV ini akan diproduksi di pabrik patungannya yang berlokasi di Huntsville, Alabama. Dan Toyota SUV ini juga akan berbagi sejumlah komponen dan pemasok dengan model SUV dari Mazda.

Selain itu, untuk model SUV ini juga akan dibangung di pabrik dengan memakan dana sebesar hingga $ 1,6 miliar atau setara kurang lebih Rp. 23 Triliun. Pasalnya kedua model Toyota dan Mazda ini akan dikembangkan secara mandiri oleh masing-masing merek.

Sementara Mazda dan Toyota mengkonfirmasi kedua model akan berbagi beberapa komponen, pihaknya juga tidak mengatakan banyak hal lain tentang crossover. Namun, diyakini SUV Toyota akan menjadi versi dproduksi dari konsep FT-4X yang diperkenalkan pada 2017 New York Auto Show.

Baca Juga :  45 Tahun di Indonesia, Toyota Kembali Gelar Konser Musik Klasik

Meski belum ada kepastiannya, sebelumnya pihak kepala desainer FT-4X Concept mengatakan model ini telah 75% siap diproduksi. Seperti halnya C-HR, model ini juga mengandalkan platform TNGA dengan memiliki memiliki interior yang lebih luas dan penggerak semua roda.

Sedangkan untuk Mazda, saat ini masih misterius model mana yang akan diluncurkan. Namun menurut kabar yang akan menjadi model barunya kemungkinan akan mengadopsi dari model CX-7 dan akan hadir ditengah-tengah diantara CX-5 bersama CX-9.

Pabrik ini dijadwalkan untuk mulai berproduksi pada tahun 2021 dan perusahaan sebelumnya mengatakan akan memiliki kapasitas untuk memproduksi hingga 300.000 kendaraan setiap tahunnya.

Sedangkan untuk kapasitas itu akan dibagi antara dua perusahaan, sehingga masing-masing perusahan memiliki kemampuan untuk mengeluarkan sebanyak 150.000 unit pada setiap tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here