Onyx RCR dan CTY, Sepeda Listrik Unik Asal California

0
Onyx CTY dan RCR
Onyx CTY dan RCR. Foto : Onyx Motorbikes
autonesian.com – Sepeda serbaguna selayaknya sebagai sepeda motor listrik, itulah yang ingin dicapai oleh Onyx Motorbikes selaku perusahaan berbasis di San Fransisco, California yang resmi memperkenalkan dua model dari sepeda listrik, yakni Onyx RCR dan Onyx CTY.

Dari tampak kedua model ini cukup jelas memiliki desain yang berbeda dan juga diklaim turut menawarkan tenaga listrik yang berbeda demi menawarkan sensasi bersepeda dalam mengelilingi jalan-jalan ibukota serrta menawarkan tiga mode berkendara, yakni eco, normal, dan sport serta sistem pengereman regeneratif.

Onyx CTY yang hadir dengan desain retro ini dilengkapi dengan firtur layar spedometer LCD, lampu depan, port USB 3.0, konektivitas Bluetooth, dan smartkey. Sementara untuk performanya, sepeda listrik ini mengandalkan tenaga baterai  berkapasitas 48 volt yang diklaim mampu menempuh jarak 43 hingga 64 km dengan kecepatan maksimal 48 km/jam.

Sedangkan untuk Onyx RCR yang hadir dengan desain Cafe Racer ini dibaluti nuansa warna hitam pada bagian kerangka ini juga memiliki berbagai fitur seperti model CTY. Namun memiliki tenaga yang berbeda dengan mengandalkan baterai berkapasitas 72 V yang dipasangkan dengan motor listrik 5,4 kW untuk output 7,2 hp dan memiliki bobot total 54 Kg.

Speedometer Onyx CTY dan RCR

Baca Juga : Piala Dunia Resmi Digelar, Hyundai Motorstudio Hadirkan Sejarah Sepak Bola Dunia

“Onyx RCR akan bisa digunakan ketika anda pergi ke mana saja, termasuk ketika masuk jalur sepeda dan juga menemani ketika anda di kantor. Dan kami menyembut sebagai Cafe Blaster karena tampilannya mengingatkan pada seorang pembalap kafe dengan model jok datar, roda kawat, dan lampu bundar.” ujar Onyx Motorbikes.

Baca Juga :  Penghujung Tahun, Bengkel Resmi Auto2000 Bagi-Bagi Oli Gratis

Hal ini membuat RCR setara dengan sepeda motor 125cc dan tidak memerlukan lisensi/surat ijin mengemudi (SIM) serta hadir dengan dua mode. Dan dalam kondisi mode eco, sepeda listrik ini mampu menempuh jarak 120 km dengan kecepatan 32 km/jam. Sedangkan ketika diubah mode sport, sepeda listrik ini mampu melaju mencapai kecepatan tertinggi 96km/jam.

Dan untuk masalah harga, Onyx CTY resmi dijual dengan harga pre-order sebesar $ 1.875 atau setara Rp. 26 jutaan sedangkan Onyx RCR  dijual dengan harga $ 3.500 atau berkisar Rp. 49 Jutaan. Namun untuk Onyx RCR, pabrikan sepeda listrik menawarkan potongan harga sebesar $ 2600 atau setara Rp. 36 jutaan bagi konsumen yang melakukan pemesan di website e-commerce Indiegogo.

Sementara untuk masalah pengriman Onyx RCR, dikabarkan pabrikan yang bermarkas di California ini menjadwalkan akan melakukan pengiriman kepada konsumennya dimulai pada bulan desember tahun ini.

SHARE
Tri Setia Irawan
Tertarik tentang otomotif sejak bergabung bersama komunitas otomotif dan belajar menulis sejak masuk bangku SMA .Email : tri@autonesian.com / trie0856@yahoo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here