Pertamina Mulai Produksi BBM Euro 4 Berkualitas Ramah Lingkungan

BBM pertamina
Pertamina. Foto : Kabarbisnis
autonesian.com – PT Pertamina (Persero) kembali terus berkomitmen menyediakan Bahan Bakar Minyak (BBM) berkualitas dan ramah lingkungan bagi masyarakat. Hal ini juga sejalan dengan program pemerintah yang akan menerapkan penggunaan BBM berkualitas setara Euro 4 secara bertahap.

Manager External Communication PT Pertamina (Persero) Arya Dwi Paramita mengemukakan aturan penerapan BBM yang ramah lingkungan digencarkan pemerintah, yang dimaksudkan agar kualitas udara lebih sehat.

Menurut pemantauan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, beberapa kota besar di Indonesia memiliki kualitas udara yang sudah melampaui ambang batas baku mutu udara yang sehat.

Salah satunya Jakarta per Januari 2017 – Januari 2018, kualitas udaranya mencapai 35 ug/m3, sudah melampaui standar WHO 25 ug/m3. Penyebab utamanya adalah gas buang kendaraan bermotor dengan mesin yang menggunakan BBM berkualitas rendah.

“Menjelang pelaksanaan Asian Games pada Agustus 2018 dan Pertemuan IMF pada Oktober 2018, pemerintah mensyaratkan penggunaan BBM setara Euro 4 mulai bulan Mei 2018 di Jabodetabek, Palembang, Surabaya, Yogyakarta, Banyuwangi, Bali, Bandung dan Labuan Bajo,” ujar Arya.

Baca Juga :  BMW Group Indonesia Berbagi Ilmu Konsep Electromobility di Universitas Multimedia Nusantara

Menurut Arya, penyiapan BBM setara Euro 4 sesuai peraturan akan berlangsung secara bertahap di Indonesia. Lebih jauh dijelaskan bahwa ketersediaan dan distribusi BBM berkualitas akan berdampak positif bagi kepentingan produksi dan daya saing industri otomotif nasional.

“BBM berkualitas dan ramah lingkungan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen, apalagi produsen otomotif telah mensyaratkan BBM berkualitas tinggi dengan oktan 92 untuk kendaraan di atas tahun 2010,” tutur Arya.

Pertamax series yang diproduksi Pertamina memiliki tiga keunggulan yaitu detergensi, yang berfungsi untuk membersihkan deposit sulfur yang berada di dalam mesin, demulsifier yang bersifat untuk menghindari kandungan air dalam BBM dan yang ketiga adalah corrotion inhibitor yaitu untuk mencegah karat pada mesin.

Dan keunggulan tersebut, mesin menjadi lebih bersih dan umur kendaraan menjadi lebih awet. Kedua, anti knocking karena suara mesin lebih halus. Dan ketiga Pembakaran menjadi lebih sempurna sehingga konsumsi BBM bisa lebih irit.

Baca Juga :  Vespa Rilis 4 Model Edisi Anniversary Ke-50 Primavera

Terkait penyediaan BBM berkualitas, Pertamina terus menjalankan berbagai program modernisasi kilang (Refinery Development Masterplan Program/RDMP) dan pembangunan kilang baru (Grass Root Refinery/GRR).

Dengan program ini, dalam 5 hingga 7 tahun ke depan Pertamina menargetkan bisa memproduksikan BBM berkualitas dan ramah lingkungan standar Euro-5. Saat ini, sejumlah kilang Pertamina antara lain di Balikpapan, Balongan dan Cilacap, telah disiapkan untuk menghasilkan produk BBM berkualitas tinggi seperti Pertamina Dex, Pertamax dan Pertamax Turbo.

“Sesuai Peraturan Menteri (Permen) KLHK No 20 tahun 2017, maka BBM berkualitas tinggi dan ramah lingkungan akan menjadi pilihan masyarakat. Penyediaan BBM berkualitas merupakan komitmen Pertamina menekan pencemaran udara dan menjamin efisiensi kendaraan,” ujar Arya.

Baca Juga :

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article
Kia Service Clinic On Tour 2018

Kia Service Clinic On Tour Kembali Resmi Digelar di 2 Kota

Next Article
Outlet Prime Gears Bintaro

Outlet Prime Gears Tempati Lokasi Baru di Bintaro

Related Posts