Mulai 12 Maret 2018, Sistem Ganjil Genap Berlaku Pintu Tol Bekasi Barat dan Timur

0
Gerbang Tol Bekasi Barat
Gerbang Tol Bekasi Barat. Foto : Foursquare/Nabilah Putri
autonesian.com – Kementerian perhubungan (Kemenhub) secara resmi mengumumkan akan melakukan pembatasan kendaraan pribadi di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek dengan menerapkan sistem plat nomor ganjil genap yang berlaku mulai tanggal 12 maret 2018 untuk dua gerbang tol, yakni gerbang tol Bekasi barat dan Timur.

Selain kebijakan pemberlakuan ganjil genap, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) kementrian Perhubungan juga memiliki tiga kebijakan untuk mengurangi kemacetan di jalan tol Jakarta-Cikampek. Seperti yang dikemukan oleh kepala BPTJ Bambang Prihartono melalui Kompas.com.

“Mengenai kemacetan di jalan Tol Jakarta-Cikampek, sudah diputuskan tiga kebijakan di rapat tingkat menko maritim, intinya semua K/L sepakat untuk melaksanakan kebijakan mengatasi kemacetan di Jakarta-Cikampek,” kata Bambang di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (22/2/18).

Bambang menambahkan,”Aturan yang pertama pemberlakuan adalah lajur khusus bus. Kedua, pengaturan lajur khusus kendaraan golongan III, IV, dan V. Ketiga, pengaturan untuk mobil pribadi dengan memberlakukan sistem ganji genap di pintu tol.”

Baca Juga :  [Galeri Foto] Vespa Sprint Carbon Edisi Terbatas Resmi Dijual Rp. 42.5 Juta

Dari tiga kebijakan tersebut, yakni kebijakan pertama untuk lajur khusus bus di lajur atau sebelah kiri jalan, kedua pengaturan bagi truk dan sebagainya yang berada di lajur 2 dan ganjil genap yang belaku di pintu tol.

Autonesian Youtube Channel

“Seluruh kebijakan ini berlaku mulai pukul 06.00 – 09.00 WIB sedangkan untuk ganjil genap hanya berlaku di pintu tol bekasi barat dan timur saja. Jadi kalau yang dari pintu tol lain nggak apa-apa, kalau di pintu tol Bekasi Barat hari ini misalnya genap, terus ganjil masuk itu enggak boleh, cari pintu tol lain itu nggak apa-apa,” tutup Bambang.

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here