Mau Pakai Plat Nomor Cantik? Baca Dulu ini

0
Plat Nomor Pilihan Hanya Berlaku 5 Tahun. Foto : Tri

autonesian.com – Bagi para pemilik kendaraan bermotor roda empat maupun roda dua, pasti kebanyakan orang mementingkan tampilan maupun menjaga performa kendaraannya. Diluar itu juga, sebagian orang selain menambahkan aksesoris pada tampilan kendaraannya tetapi juga memilih plat nomor cantik atau biasa disebut nomor pilihan.

Nah sebelum memilih atau menggunakan plat nomor cantik untuk kendaraan anda, ada yang harus anda ketahui terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan ini. Pasalnya plat nomor cantik hanya berlaku selama 5 tahun, artinya nomor tersebut setelah 5 tahun atau pada saat perpanjangan STNK 5 tahunan anda harus membayarnya lagi seperti awal untuk menggunakan nomor tersebut dikendaraan anda.

Hal ini juga telah diatur oleh kebijakan dalam surat keputusan PP Nomor 60 tahun 2016 yang telah disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly pada 6 Desember 2016. Keputusan ini sudah berlaku sejak tanggal 6 Januari 2016, dimana peraturan ini bagi kendaraan yang menggunakan plat nomor pilihan akan dikenakan biaya tambahan diluar pajak wajib tahunan dan dikenakan biaya mulai Rp. 5 juta hingga maksimal mencapai Rp. 20 juta pada 5 tahunnya.

Selain itu juga menurut Peraturan Pemerintah (PP) seluruh Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) wajib disetor langsung secepatnya ke kas negara. Dan berikut daftar lengkap biaya tambahan yang telah ditentukan oleh PP Nomor 60 tahun 2016 yang mengenai Penerbitan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) pilihan :

Baca Juga :  BMW Indonesia Kenalkan Teknologi Virtual 4K
Autonesian Youtube Channel

1. NRKB pilihan 1 (satu) angka
– Tidak ada huruf belakang (blank) Rp 20 juta
– Ada huruf di belakang angka Rp 15 juta

2. NRKB pilihan 2 (dua) angka
– Tidak ada huruf di belakang Rp 15 juta
– Ada huruf di belakang Rp 10 juta

3. NRKB pilihan 3 (tiga) angka
– Tidak ada huruf di belakang angka Rp 10 juta
– Ada huruf di belakang angka Ro 7,5 juta

4. NRKB pilihan 4 (empat) angka
– Tidak ada huruf di belakang angka Rp 7,5 juta
– Ada huruf di belakang angka Rp 5 juta

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here