Ban Isi Nitrogen Mahal? Ini Keuntungannya

0

ban-nitrogen

autonesian.com – Ban yang sebagai salah satu komponen kendaraan penting dan juga harus menjadi perhatian khusus, salah satunya selalu memeriksa tekanan angin sesuai ukuran ban yang digunakan.

Selain itu kebanyakan masyarakat belum tau betul keuntungan dari mengisi ban dengan nitrogen. Meskipun harga terbilang mahal tetapi juga memiliki manfaat begitu penting bagi merawat ban kendaraan kita baik roda dua maupun roda empat.

Berikut kami simpulkan beberapa keuntungan dari mengisi ban dengan Nitrogen (N2):

Autonesian Youtube Channel

1. Ban yang terisi dengan nitrogen memiliki kemampuan tambahan pada daya cekraman yang lebih stabil dan tapak ban pun menempel lebih sempurna di permukaan jalan. Hal ini membuat angin nitrogen lebih irit bahan bakar hingga 3,3 persen.

2. Tidak mudah kempes, akibat partikel yang lebih besar membuat tekanan ban angin tidak mudah kempes yang dikarenakan partikel molekul nitrogen lebih besar dari molekul oksigen.

3. Dengan mengisi nitrogen bisa mengurangi kebiasaan melakukan pengisian angin ban dan bisa dibilang lebih ekonomis dari biaya serta waktu. Karena ban tidak mudah kempes, selain itu juga penggunan lebih awet berkat tekanan tepat serta habisnya ban pun merata.

Baca Juga :  All New Ertiga Kini Mulai Dilirik Keluarga Indonesia

4. Berkat sifat nitrogen yang non-corrosive dan mampu mengurangi oksidasi serta karat, karena n2 tanpa oksigen dan unsur lembab. Selain itu juga bisa menjaga kestabilan terhadap suhu didalam ban serta bisa terhindar dari resiko ban meledak akibat kepanasan.

5. Selain itu, Nitrogen juga bisa mencegah terjadinya karat atau korosi pada velg. Dan juga komponen karet yang terisi nitrogen akan lebih awet daripada diisi dengan angin biasa, berkat kelembaban udara pada ban.

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here