Sehari Sebelum Natal, Arus Kendaraan Dalam Tol Jakarta-Cikampek Terpantau Lancar

Arus Lalu lintas Gerbang Tol Cikarang Utama
Gerbang Tol Cikarang Utama. Foto : Ist

autonesian.com – Sehari sebelum perayaan hari raya Natal, arus kendaraan di gerbang Tol Cikarang Utama terpantau lancar. Menteri perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan hal ini terjadi karena koordinasi yang baik antara stakeholders dalam mengatur arus lalu lintas.

“Hari ini saya ke beberapa tempat diantaranya Gerbang Tol Keluar Brebes Timur, Pemalang dan Gerbang Tol Cikarang Utama. Melalui pantauan yang tadi kami lakukan, arus lalu lintas di Cikarang Utama sangat lancar,” ujar Menhub yang dilansir website resmi Dephub.

Menhub menambahkan,”Saya apresiasi atas koordinasi yang baik dengan Kakorlantas, Kapolda, Jasa Marga dan Dinas Perhubungan, sehingga sampai saat ini tidak ada suatu yang mencolok berkaitan dengan kemacetan.”

Dalam kesempatan tersebut Menhub menjelaskan pada arus mudik kemarin (23/12) terjadi kenaikan volume kendaraan di Tol Cipali sebesar 58% dari tahun sebelumnya.

“Satu kenaikan signifikan ke Cipali sebanyak 58%. Itu berarti memang ada suatu peningkatan jumlah kendaraan masuk ke Pantura. Kita menduga dengan kenaikan tersebut, pada saat arus balik mereka akan menggunakan jalur selatan untuk menghindari kemacetan di tol Cipali,” terang Menhub.

Menhub juga mengatakan akan merekomendasikan larangan pengoperasian kendaraan berat (truk) pada 29 Desember 2017 sampai dengan 1 Januari 2018.

“Kita akan diskusikan terkait arus balik dan merekomendasikan angkutan berat dihimbau tidak beroperasi selama 4 hari yaitu 29, 30, 31 Desember 2017 dan 1 Januari 2018,” jelas Menhub.

Baca Juga :  ExxonMobil Luncurkan Pelumas Mesin Diesel Mobil Delvac MX 15W40 Limited Edition

Terkait dengan arus balik, Menhub memprediksikan puncak kepadatan arus lalu akan terjadi pada 30-31 Desember 2017. Menhub menghimbau agar pemudik kembali ke Jakarta sebelum 1 Januari 2018.

“Sebagian ada yang pulang tanggal 26 Desember karena ada hari kerja selama 2 hari yaitu 27-28 Desember 2017. Perkiraan saya yang banyak pada 30-31 Desember 2017. Untuk itu kami mengimbau sebaiknya jangan pulang berbarengan tanggal 1 Januari 2018. Malam tahun barunya di Jakarta saja,” kata Menhub.

Sementara itu PT. Jasa Marga memprediksikan kenaikan volume lalu lintas pada arus balik Natal terjadi pada 26 Desember 2017 sebanyak 90.520 kendaraan atau naik dari tahun sebelumnya sebesar 90.356 kendaraan.

Sedangkan pada arus balik Tahun Baru 2018, PT. Jasa Marga memprediksikan kenaikan volume lalu lintas terjadi pada 1 Januari 2018 sebanyak 104.000 kendaraan atau naik dari tahun sebelumnya sebesar 88.527 kendaraan.

Turut hadir dalam peninjauan yaitu Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Bambang Prihartono, Direktur PT. Jasamarga Desi Arryani, Direktur Operasi 2 PT. Jasamarga Subakti Syukur.

Baca Juga :

Total
17
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article

Authorized Service Center Royal Enfield Resmi Hadir di BSD City

Next Article

Penjualan Menurun, Maserati Berhenti Produksi Sementara

Related Posts