Toyota Alami Pertumbuhan Penjualan 6,1%

toyota-all-new-fortuner-bandung-pameran-2

autonesian.com – Masih dalam kondisi pasar otomotif nasional belum terlalu mendukung, PT Toyota-Astra Motor (TAM) tetap berhasil mencatat total penjualan ritel sebanyak 31.626 unit atau tumbuh 6,1% sepanjang April lalu. Kinerja ini menjadikan Toyota kokoh sebagai pemimpin pasar dan menorehkan market shares yang tumbuh signifikan hingga mencapai 38%. Salah satu faktor pendongkrak kinerja sepanjang bulan lalu berasal dari penjualan Toyota Rush yang naik 28,2% sehingga berhasil menjadi market leader di segmen medium SUV.

“Pencapaian ini tidak hanya semakin meneguhkan posisi Toyota di kancah industri otomotif nasional, sekaligus membawa market shares Toyota ke posisi tertinggi sepanjang beberapa waktu terakhir ini, sehingga makin meyakinkan kami untuk terus meningkatkan implementasi semangat Let”s Go Beyond yang mewarnai setiap kegiatan Toyota di Indonesia,” ungkap Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto melalui siaran resmi kepada autonesian.com.

Secara keseluruhan penjualan mobil di segmen ritel sepanjang April lalu turun 9,9% dari 92.407 unit pada bulan Maret menjadi 83.288 unit pada April. Penurunan terjadi di semua segmen, baik kendaraan penumpang maupun kendaraan komersial, masing-masing turun 11,2% dan 4,6%. Di segmen kendaraan penumpang, penurunan terbesar dialami pasar SUV yang mencapai 32,8%. Sementara di segmen kendaraan komersial penurunan paling tajam dialami segmen truk ringan (2 ton) sebesar 9,4%.

Namun berbeda dengan tren pasar yang ada, penjualan mobil Toyota berhasil mencatat kinerja positif, baik di segmen penumpang maupun komersial masing-masing sebesar 5,5% dan 23%. Hampir semua segmen kendaraan penumpang Toyota mengalami pertumbuhan pertumbuhan signifikan. Pertumbuhan tertinggi dicapai segmen SUV sebesar 14,5%, sedangkan hatchback naik 9,8%, dan segmen MPV naik 4%. Sementara itu untuk kendaraan komersial, kinerja positif bulan lalu didorong oleh penjualan di segmen pickup yang dihuni oleh Toyota Hilux yang mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 45,7%.

Baca Juga :

Exit mobile version