Shell Eco-Marathon Manila 2016 Siap Dihadapi Oleh Tim Mahasiswa Indonesia

0

shell-eco-marathon-asia-2016-indonesia-cakrawala-itb

autonesian.com – Tim Mahasiswa Indonesia yang terdiri dari 20 tim dari 13 Perguruann Tinggi (PTN) akan menjadi Tim Shell Eco-Marathon Indonesia (SEM) 2016 dan mewakili Indonesia pada Shell Eco-marathon Asia 2016 di Manila Filipina pada 3-6 Maret. Indonesia akan menjadi negara yang mengirimkan tim mahasiwa terbanyak kedua pada event ini setelah tuan rumah Filipina yang mengirimkan 28 tim mahasiswanya.

Mereka akan menjadi bagian dari lebih 100 mahasiswa dari 17 negara di Asia, Timur Tengah dan Afrika yang hadir pada ajang bergengsi ini. Shell Eco-marathon Asia Manila 2016 akan menjadi ajang Shell Eco-marathon Asia ketiga yang berlangsung di sirkuit jalanan yang didesain secara khusus di kota Manila, Filipina.

“Sebagai perusahaan yang menyediakan energi dalam bentuk bahan bakar dan pelumas, komitmen Shell adalah memenuhi kebutuhan pelanggan kami di berbagai sektor termasuk sektor transportasi secara berkesinambungan,” ungkap Darwin Silalahi, Presiden Direktur PT Shell Indonesia melalui siaran resmi yang diterima autonesian.com.

Autonesian Youtube Channel

shell-eco-marathon-asia-2016-indonesia-its

Para tim mahasiswa akan berpartisipasi pada kategori Prototype dan UrbanConcept. Kategori Prototype akan melombakan mobil futuristik yang bertujuan memaksimalkan efisiensi sumber energi (bahan bakar) dengan elemen desain yang inovatif. Sedangkan kategori UrbanConcept adalah desain kendaraan konvensional roda empat hemat bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mengemudi saat ini atau yang “layak jalan”.

Baca Juga :  Ferrox Hadirkan Filter Udara Khusus Kawasaki Ninja ZX-25R

Darwin menambahkan, Namun dengan meningkatnya jumlah kebutuhan energi transportasi global pada tahun 2050 mendatang, maka dunia membutuhkan mobilitas yang lebih hemat energi, ramah lingkungan dan memperhatikan aspek-aspek keselamatan. Keikutsertaan mahasiswa Indonesia pada ajang SEM Asia ini menjadi sangat penting karena mereka membantu mengatasi permasalahan dunia dengan menciptakan kendaraaan hemat energi, ramah lingkungan serta memperhatikan aspek keselamatan.

Dan Shell Eco-marathon Asia 2016 ini, 20 tim mahasiswa Indonesia akan berlaga di pertandingan on track pada kategori kendaraan Prototype dan UrbanConcept serta dalam sub kategori berbagai sumber energi. Tim mahasiswa Indonesia juga akan berlaga di pertandingan off-track yang terdiri dari Communications Award, Shell Helix Tribology Award, Vehicle Design Award, Technical Innovation Award, Safety Award serta Perseverance & Spirit of the Event Award. Ada 24 On-Track Award yang dikompetisikan pada Shell Eco-marathon Asia 2016 ini dengan hadiah uang senilai US$2,000 untuk pemenang baik di kategori Prototype dan UrbanConcept.

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here