Citroen Ami For All, Mobil Listrik yang Ramah Bagi Penyandang Disabilitas

Citroen AMI For All Prototype
Citroen AMI For All Prototype. Foto : Ist/Autonesian

Autonesian.com – Pabrikan mobil asal Perancis, Citroen kembali mempersiapkan model baru untuk segmen kendaraan listrik dan digandang akan ramah bagi pengguna kursi roda.

Model tersebut disebut Citroen Ami For All yang telah dirancang khusus untuk individu bagi penyadang disabilitas, namun sayangnya model ini juga masih berupa prototipe.

Pasalnya mobil listrik baru ini akan menawarkan aksesibilitas yang ditingkatkan dengan fitur interior yang dimodifikasi, kontrol berkendara yang disesuaikan, dan dua opsi penyimpanan kursi roda yang berbeda.

Untuk proyek Citroen Ami For All ini sendiri telah dimulai pada tahun 2022 dan merupakan ide yang dicetuskan oleh Christophe Lapeye, seorang karyawan di Stellantis dan bekerjasama dengan PIMAS.

PIMAS sendiri merupakan perusahaan Prancis yang berspesialisasi dalam modifikasi mobil untuk individu dengan mobilitas terbatas, sebuah prototipe sepeda roda empat berat dikembangkan.

Baca Juga :  Hyundai Resmi Hadirkan Ultra Fast Charging Station di Plaza Indonesia

Dalam memfasilitasi akses yang lebih mudah bagi penyandang disabilitas, mobil listrik kecil ini memiliki pintu yang dapat dibuka secara luas untuk pintu samping penemudi berengsel belakang.

Citroen AMI For All Prototype

Selain itu, terdapat papan dan tali yang dapat ditarik untuk memungkinkan kemudahan perpindahan secara sendiri dari kursi roda ke bagian kemudi.

Di dalam kendaraan, adaptasi penting termasuk tuas mekanis untuk mengontrol akselerator dan rem, serta kenop roda kemudi untuk meningkatkan cengkeraman dan kemampuan manuver.

Kursi roda dapat disimpan baik di kompartemen penumpang saat dibongkar, dengan tali yang dirancang khusus pada alas kaki penumpang yang menahan roda pada tempatnya, dan sabuk pengaman yang mengamankan badan kursi roda.

Baca Juga :  Lewat Sepak Bola, Hyundai Perkuat Komitmen Global di Pertandingan Persahabatan Jeonbuk Hyundai Motors vs PERSIS Solo

Alternatifnya, jika pengemudi memiliki teman, kursi roda dapat dilipat dan dipasang ke rak aluminium di bagian belakang kendaraan, memungkinkan ruang tambahan di dalam kendaraan untuk penumpang tambahan.

Untuk masalah tenaga, Citroen Ami For All dikabarkan menggunakan motor listrik berkapasitas 8 hp (6 kw/ 8 ps) yang disalurkan melalui tenaga baterai berkapasitas lithium-ion 5,5 kWh serta dapat menempuh jarak mencapai 70 km dengan kecepatan maksimal 45 km/jam. .

Menariknya mobil Citroen Ami for All sendiri dikabarkan akan di perkenalkan kepada masyarakat luas dan dipresentasikan di pameran Paris Autonomic Trade Fair 2023 di antara tanggal 6 dan 8 Juni 2023.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article
auto2000 toyota sales layani konsumen

Dealer Toyota, Auto2000 Sabet 3 Penghargaan di Tengah Tahun 2023

Next Article
yamaha vega force my 2023

Yamaha Vega Force Kini Punya Balutan Baru

Related Posts