Dapat Insentif dari Pemerintah, Harga Wuling Air EV Lebih Murah

Wuling Air EV PEVS 2022
Wuling Air EV. Foto : Autonesian/Tri

Autonesian.com – Wuling Air EV menjadi salah satu mobil listrik yang mendapat subsidi dari pemerintah sampai dengan Rp 26 jutaan, berlaku mulai 1 April 2023 lalu. Insentif ini didapat karena memenuhi syarat yang ditentukan, salah satunya Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 40,04%.

Wuling Air EV dipasarkan dalam dua model, Standard Range yang mendapat potongan hingga Rp21 jutaan, dan Long Range Rp 26 jutaan. Wuling Air EV Standard Range harga jualnya Rp243 juta, dipotong Rp21 jutaan, harganya menjadi Rp222 jutaan. Sementara Wuling Air ev Long Range, dibanderol Rp299,5 juta, setelah mendapat insentif, harganya Rp273 jutaan.

Apa saja keunggulan mobil listrik compact ini? Wuling Air EV mudah dioperasikan dan dikendarai. EV ini sudah menggunakan sistem Smart Key tanpa anak kunci, sehingga bisa diletakkan di saku celana atau pakaian.

Tak perlu menekan tombol di remote untuk membuka kunci pintunya, hanya dekatkan saja kemudian tekan tombol di gagang pintu, maka sensor akan otomatis mendeteksi, kunci akan terbuka.

Untuk menjalankan mobil ini, tidak ada start/stop button seperti mobil konvensional pada umumnya untuk menyalakan mesin. Pengguna hanya perlu menginjak pedal rem, kemudian akan muncul tulisan ‘ready’ di layar panel meter yang secara otomatis akan menyala.

Baca Juga :  Belum Lama Hadir, Nissan Kicks e-POWER Kini Diburu Pembeli

Pedal gas pun siap ditekan setelah kenop transmisi diputar ke arah mode Drive atau “D.” Ketika berakselerasi, bermanuver, atau berbelok, Air ev membawa kesan berkendara yang menyenangkan.

Pada lingkar setirnya terdapat banyak tombol yang bisa difungsikan untuk mengoperasikan audio, dan beberapa pengaturan menu untuk panel meter serta head unit berukuran 12,5 inci. Lingkar kemudi dapat disesuaikan dengan kenyamanan pengemudi, karena dilengkapi fitur till up and down.

Wuling Air EV menggunakan Rotary Gear Selector yang fungsinya untuk mengoperasikan transmisi berupa kenop ring yang cukup diputar sesuai kebutuhan. Selain itu, konsol tengah ini sudah dilengkapi tombol untuk jendela elektrik, Electric Parking Brake, dan Auto-Vehicle Holding. Fitur yang lengkap tersebut membuat pengalaman berkendara menjadi lebih mewah.

Wuling Air EV dibekali layar sentuh memanjang berukuran 10,25 inci yang dapat menjalankan berbagai macam fitur, mulai dari pemutar musik, radio, AC dengan navigasi dari panel layar sentuh.

Baca Juga :  Mudahkan Pelanggan, My Yamaha Motor Resmi Diluncurkan

Kelebihan lain yang ditawarkan adalah fitur WIND, tersedia juga pada Wuling Almaz dan New Cortez. Fitur ini merupakan teknologi perintah suara dalam bahasa Indonesia untuk memudahkan penggunanya memerintahkan kendaraan untuk membuka jendela, menghidupkan AC, menghubungkan telepon, dan ratusan perintah lainnya yang telah diprogram. Fitur tersebut, sangat cocok untuk masyarakat yang membutuhkan kendaraan praktis, melintasi jalan perkotaan yang padat.

Wuling Air EV Standard Range mampu menempuh jarak hingga 200 km, mengandalkan lithium ferro-phosphate (LFP), dengan kapasitas 17,3 kWh, sementara Long Range jangkauannya sampai 300 km.

Pengisian daya dapat dilakukan bahkan di rumah sekalipun dengan keamanan baterai terjamin. Mobil mungil ini juga memiliki rangkanya kokoh dan terdapat airbag untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan konsumen.

Wuling Air EV mengusung biaya operasional yang cukup efisien, perawatannya sampai 100.000 kilometer atau 5 tahun berkisar di angka Rp3,9 juta. Biaya ini mencakup servis, ganti komponen, dan jasa di bengkel resmi.

Pajak yang dibayarkan untuk kendaraan ini sekitar Rp385.500, dengan biaya SWDKLLJ sebesar Rp143 ribu. Pajak total yang perlu dibayarkan sekitar Rp528.500.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Related Posts