Toyota Kijang Innova Zenix Resmi Diproduksi di Karawang dan Siap Diekspor ke Berbagai Negara

Toyota Innova Zenix produksi Indonesia TMMIN
Ceremony produksi Toyota Innova Zenix di Indonesia. Foto : Autonesian/Tri

Autonesian.com – Toyota melalui fasilitas pabriknya di Indonesia mulai menyambut kehadiran Kijang Innova generasi ketujuh yang disebut Zenix dan diproduksi oleh PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang – Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

Pasalnya kehadiran Toyota Innova Zenix yang ditawarkan dengan HEV, pihaknya juga turut menelan investasi 4,2 trilyun rupiah untuk menghadirkan pilihan kendaraan elektrifikasi Hybrid Electric Vehicle (HEV) dengan baterai yang dirakit lokal.

Produksi lokal Kijang Innova Zenix mencerminkan posisinya yang tumbuh berkembang bersama industri otomotif dan konsumen Indonesia selama 45 tahun hingga kini masuk ke era elektrifikasi.

“Produksi Kijang Innova Zenix merupakan upaya kami untuk terus memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri otomotif Indonesia,” ungkap Warih Andang Tjahjono Presiden Direktur PT TMMIN.

Baca Juga :  Resmi Meluncur, New Toyota Hilux Kini Semakin Modern dan Tangguh

Selain itu pada moment ini pihaknya mengungkapkan bahwa Kijang Innova Zenix HEV juga menorehkan sejarah sebagai ekspor model elektrifikasi pertama Toyota Indonesia yang akan menjangkau pelanggan di 13 negara di kawasan Asia, Timur Tengah, dan Amerika Latin.

Toyota Innova Zenix produksi Indonesia TMMIN

Langkah tersebut sesuai dengan komitmen untuk terus berkontribusi pada neraca perdagangan Indonesia. Keseluruhan Kijang Innova baru ini direncanakan melanglang ke lebih dari 40 negara, mulai dari Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Timur Tengah dengan rencana volume sebesar 8.500 unit/tahun pada tahun pertamanya.

Mobil Kijang yang juga ditawarkan dengan tipe konvensional maupun hybrid ini diklaim memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi dan menjadi bagian komitmen Toyota untuk mendukung target pemerintah dalam mengurangi emisi karbon.

Baca Juga :  BJB JDM Funday : Siap Kumpulkan Ratusan Para Pecinta JDM Tanah Air

“Tentunya, kami terus berupaya mengembangkan serta meningkatkan performa Kijang, untuk lebih dapat berkontribusi pada bangsa Indonesia dan menjawab kebutuhan pelanggan yang semakin beragam, terutama saat memasuki tantangan era elektrifikasi saat ini,” lanjut Warih.

Selain itu kehadiran Kijang Innova Zenix turut menyerap sekitar 1.000 tenaga kerja baru, dikembangkan oleh tim global bersama dengan para engineer Indonesia yang secara aktif dan integral memberikan kontribusi dalam setiap tahap pengembangan, termasuk di lini produksi.

Hal tersebut sesuai dengan filosofi Toyota Indonesia yaitu “We Make People Before We Make Product” yang menjadi dasar dari pembangunan berkelanjutan sumber daya manusia di Toyota Indonesia dan di pemasok lokal Toyota Indonesia.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article
Honda WR-V Bandung dan Banten

Honda WR-V Mulai Panaskan Pasar Small SUV di Jawa Barat dan Banten

Next Article
Honda ZR-V Japan

Honda ZR-V Siap Dipasarkan Bulan April 2023 di Jepang

Related Posts