Pertama Kali Tampil di Pameran, Esemka Langsung Tancap Gas Hadirkan Mobil Listrik

ESEMKA BIMA EV Van IIMS 2023
ESEMKA BIMA EV. Foto : Tri/Autonesian

Autonesian.com – PT Solo Manufaktur Kreasi produsen mobil Esemka pertama kalinya tampil di pameran otomotif IIMS 2023 dengan memperkenalkan kendaraan listrik. 

Dimana merek mobil lokal ini memperkenalkan prototipe Esemka Bima EV yang terdiri dari dua varian, yakni varian Cargo Van dan Passenger Van.

Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya menyatakan bahwa pengenalan mobil listrik di IIMS ini diharapkan dapat berkontribusi mempercepat proses peralihan dari mobil konvensional menuju Electric Vehicle yang lebih ramah lingkungan.

“Prototipe mobil listrik Esemka yang dipamerkan di IIMS merupakan hasil kolaborasi dengan pabrikan otomotif lain di luar negeri,” kata Eddy.

Kedua varian Esemka Bima EV memiliki dimensi Panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.990 mm dengan jarak sumbu roda 2.925 mm.

Baca Juga :  Persiapan Pembukaan IIMS Sudah 90 Persen

Bima EV Passenger Van mampu menampung 11 penumpang, sementara untuk Bima EV Cargo VAN memiliki dua kursi untuk pengemudi dan penumpang depan.

Selain itu kedua mobil ini dilengkapi motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor dengan kode TM4018. Motor listrik ini mampu menghasilkan daya maksimal 75 kW dan torsi maksimal 165 Nm yang disalurkan melalui motor listrik penggerak roda belakang melalui transmisi 1st reduce gear

Mobil ini ilengkapi baterai listrik Terany Lithium berkapasitas 49,1 kWh dengan 350,4 V. Baterainya dapat diisi daya dengan sistem pengisian cepat (quick charge/DC) selama 1 jam dan slow charge (AC) hingga 8 jam.

Melalui baterai tersebut, pihaknya turut mengklaim mobil listrik ini dapat digunakan untuk berkendara hingga 300 km dalam sekali pengisian daya.

Baca Juga :  Yamaha Umumkan Para Pemenang Z-Selfie Competition

Mobil listrik merek Esemka yang diperuntukan untuk passanger van memiliki kapasitas 11 tempat duduk dan dilengkapi AC double blower. Sedangkan untuk Blind Van Cargo memiliki AC single Blower.

Esemka percaya mobil listrik akan menjadi masa depan bagi industri otomotif di Indonesia melalui adanya target terkait penurunan emisi, serta beberapa kebijakan pemerintah untuk mengakselerasi penggunaan kendaraan listrik, baik yang saat ini sudah ada dan di masa mendatang.

Selain itu, pada kesempatan pameran otomotif IIMS 2023 pihaknya juga turut menampilkan produk varian baru Esemka Bima 1.3 yang sudah dilengkapi dengan Electric power steering dan AC.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Related Posts