Pesaing Tesla, Mobil Listrik Lucid di Borong oleh Pemerintah Arab Saudi

mobil listrik Lucid Air Grand Touring
Lucid Air. Foto : Autonesian/Dok. Lucid Group

Autonesian.com – Produsen mobil listrik Lucid Group Inc resmi mengumumkan keberhasilannya dalam kesepakatan dengan pemerintah Arab Saudi, di mana pemerintah akan membeli hingga 100 ribu unit kendaraan selama periode sepuluh tahun.

Pesaing Tesla, Lucid sendiri berbasis di California dan dalam kesepakatan tersebut juga diawali dengan komitmen untuk membeli 50.000 unit kendaraan serta opsi untuk membeli hingga 50.000 kendaraan tambahan selama periode yang sama.

“Menghadirkan hingga 100.000 kendaraan listrik Lucid di Arab Saudi merupakan momen penting lainnya dalam percepatan transportasi berkelanjutan kami di seluruh dunia,” kata Peter Rawlinson, CEO dan CTO Lucid melalui keterangan resminya.

Dia juga menambahkan dalam kesepakatakan tersebut pihaknya senang dapat mendukung Arab Saudi dalam mencapai tujuan keberlanjutan dan ambisi untuk mengurangi emisi gas buang yang sesuai dengan Saudi Vision 2030 dan Saudi Green Initiative, dengan membawa EV mewah canggih kami ke Arab Saudi

Baca Juga :  Resmi Meluncur, Maxxwire Tawarkan Solusi Menaikan Performa Kendaraan

Sebagai bagian dari perjanjian, pihak Pemerintah Arab Saudi  juga telah berjanji untuk membeli kendaraan, termasuk Lucid Air dan model masa depan lainnya. Kendaraan tersebut direncanakan akan di produksi dengan memanfaatkan fasilitas pabrik Lucid di di Arizona dan fasilitas manufaktur internasional masa depan di Arab Saudi.

mobil listrik Lucid Air

Mobil listrik model Lucid Air sendiri hadir dengan desain sedan mewah dan memiliki tenaga mesin listrik berkapasitas yang mampu digunakan dengan mencapai 520 mil atau setara dengan kurang lebih 830 km dalam sekali kondisi baterai penuh.

Selain diyakini dengan memiliki sistem pengisian daya tercepat, mobil listrik yang memiliki dua pilihan mesin tunggal dan ganda ini dapat melontarkan tenaga mencapai 1,111 hp dan melaju 0-100 km hanya memakan waktu dalam 2,5 detik.

Baca Juga :  Honda Siap Setop Penjualan Mobil di Negara Ini

Kuantitas pesanan diharapkan berkisar dari 1.000 hingga 2.000 kendaraan per tahun dan meningkat menjadi antara 4.000 dan 7.000 kendaraan per tahun mulai tahun 2025, dengan pengiriman kendaraan yang diperlukan untuk dimulai selambat-lambatnya pada kuartal kedua tahun 2023.

Melalui kesepakatan Lucid Motors dan Pemerintah Arab Saudi juga sekaligus akan mendukung upaya pemerintah untuk mendiversifikasi ekonomi, menyediakan ribuan peluang kerja yang sangat terampil dan memberikan manfaat ekonomi bagi Kerajaan sejalan dengan Visi 2030.

Harga pembelian kendaraan akan ditentukan berdasarkan yang lebih rendah dari harga eceran standar untuk kendaraan yang berlaku di Arab Saudi dan harga eceran standar untuk kendaraan yang berlaku di Amerika Serikat, ditambah biaya logistik dan impor, dan biaya lain dari pengiriman dan homologasi kendaraan dengan peraturan Arab Saudi.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article
Honda e: NS1 Mobil Listrik

Honda e: NS1 dan e: NP1, Mobil Listrik Resmi Diluncurkan

Next Article
Shop&Drive otoservice

Shop&Drive dan Astra Otoservice Ikut Siaga Lebaran Hingga Berikan Promo

Related Posts