Motor Listrik Yamaha E01 Hadir Baru Sebatas Godaan di Indonesia

motor listrik Yamaha E01
Yamaha E01. Foto : Autonesian/ist

Autonesian.com – Setelah mencuri perhatian di dua pameran otomotif Tokyo Motor Show 2019 dan IIMS Hybrid 2022, kini Yamaha Indonesia kembali memperkenalkan motor listriknya untuk model baru, yakni Yamaha Eo1.

Kehadiran Yamaha E01 ini juga berlandaskan kando yang dapat dilihat dari perjalanan pengembangan teknologi kendaraan listrik Yamaha yang dimulai dengan munculnya Yamaha Power Assist System (PAS) e-bike di tahun 1993.

Setelah itu inovasi pabrikan garpu tala ini terus berkembang lagi menghasilkan sepeda motor listrik ditandai dengan kehadiran Yamaha Passol di tahun 2002, Yamaha EC-02 (2005), Yamaha EC-03 (2010), E-Vino (2014), Yamaha EC-05 (2019), Yamaha EMF (2022), hingga Yamaha E01 (2022).

”Tantangan Yamaha dalam mengembangkan EV telah dimulai di tahun 2002 dengan model pertama yang diberi nama “Passol”. Sejak saat itu kami telah menjual sebanyak 6 model EV ke pasar global yang tercatat dalam sejarah Yamaha,” ungkap Minoru Morimoto, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Dia juga menegaskan bahwa bangga pihaknya sebagai perusahaan paling berpengalaman dengan teknologi baterai melalui sepeda PAS (Power Assist System) dan telah memasok lebih dari 5 juta unit electrical power assist untuk sepeda motor secara kumulatif ke pasar dunia dalam sejarah.

Yamaha E01 dipersenjatai fixed-lithium ion battery berkapasitas 4,9 kWh dan secara kertas dalam kondisi penuh dapat menempuh jarak mencapai 104 km. Lalu dilengkapi dengan konektor charging yang ditempatkan di depan body motor yang memudahkan saat melakukan charging ketika motor diparkir.

Baca Juga :  Yamaha For Her, Perhatian Khusus Untuk Ibu Tercinta

Motor listrik dari pabrikan berlogo garpu tala ini memiliki tiga tipe charging yaitu fast charging, normal charging, dan portable charging yang dapat diletakkan di bagasi motor. Mesin yang setara dengan motor konvensional 125cc ini memiliki tidak mode berkendara, yaitu Power Mode, Standar Mode dan Eco Mode.

Untuk masalah power, untuk PWR (Power Mode) kendaraan EV ini dapat melontarkan tenaga mencapai 8.1 kW / 5,000 rpm dan 30.2 Nm / 1,950 rpm, STD (Standard Mode) 8.1 kW / 5,000 rpm – 24.5 Nm / 1,500 rpm dan ECO (Eco Mode)  .4 kW / 4,500 rpm – 21.4 Nm / 1,500 rpm.

Namun sayangnya meski kendaraan EV Yamaha E01 telah diperkenalkan secara publik di Indonesia, pihak Yamaha Indonesia belum secara resmi kapan untuk menjual dari motor listrik ini di pasar otomotif Tanah Air dan saat ini dilakukan masih sebatas test market.

“Sayangnya, kami belum menjual model EV di Indonesia, namun kami telah melakukan test market dengan E-Vino. Dan kami perkenalkan juga E01 di IIMS 2022 untuk melihat peluang terkait model ini,” tegas Minoru Morimoto.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article
Astra Bengkel Auto2000 mudik

Astra Resmi Kembali Kawal Mudik Lebaran

Next Article
BMW Road Assistance Indonesia

BMW Kembali Memperkuat Layanan Road Asistance di Indonesia

Related Posts