Adira Insurance Bedah Manfaat Third Party Liability Bagi Pengguna Jalan

0
adira insurance kecelakaan dalam tol
Ilustrasi kecelakaan di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek. Foto : Tri

Autonesian.com – PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) memberikan edukasi tentang pentingnya memiliki jaminan perluasan Third Party Liability (TPL) untuk asuransi kendaraan.

Dalam edukasi tersebut berdasarkan dari kewaspadaan pada saat berkendara yang wajib dan menjadi perhatian khusus. Kenyataannya angka kecelakaan lalu lintas masih sangat tinggi dan kerugian materil yang disebabkan ternyata juga sangat besar.

Berdasarkan data kecelakaan Dit Lantas Polda Metro Jaya periode Januari-Mei 2021 untuk wilayah hukum Polda Metro Jaya, kerugian yang dialami pengendara akibat kecelakaan lalu lintas mencapai Rp 1.062.600.000,-.

Data tersebut juga menunjukkan ada 816 kecelakaan di jalanan dan memakan korban. Rinciannya sebanyak 28 korban meninggal dunia, 89 pengendara mengalami luka berat, dan 752 mengalami luka ringan. Artinya jika di total ada 869 pengendara yang menjadi Korban.

Autonesian Youtube Channel

Wayan Pariama, Direktur Adira Insurance di sela-sela NGOVSAN (NGobrol Virtual SANtai) bersama Forum Wartawan Otomotif (FORWOT), Selasa (31/08/2021) mengatakan kerugian akibat kecelakaan sangatlah tinggi.

“Oleh sebab itu, sangat penting untuk memiliki perlindungan sebagai salah satu upaya preventif bagi pengguna jalan. Khususnya tambahan jaminan TPL yang mampu memberikan perlindungan kepada pengguna jalan apabila mendapatkan risiko tuntutan tanggung jawab dari pihak ketiga atau pengguna jalan lainnya,” tegas Wayan.

Menurut Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) jaminan TPL atau biasa disebut sebagai Tanggung Jawab Hukum pihak Ketiga dapat memberikan perlindungan ganti rugi atas adanya tuntutan dari pihak ketiga terhadap Tertanggung yang secara langsung disebabkan kendaraan bermotor. Kerugian dapat terjadi baik pada kendaraan, dirinya sendiri, ataupun kerusakan harta benda.

Baca Juga :  Yefta dan Teman Tidur Kalahkan Ratusan Peserta di Brio Music Project

“Jaminan TPL memberikan ganti rugi yang tidak sebatas kerusakan pada kendaraan saja tapi juga meliputi harta benda, biaya pengobatan, cidera badan hingga kematian, sesuai dengan limit jaminan TPL yang telah disepakati di awal antara Tertanggung dengan Pihak Asuransi. Di Adira Insurance, jaminan TPL dapat diperluas untuk asuransi mobil dan asuransi motor,” tambah Wayan.

Adapun premi yang harus dibayarkan pun sudah ditetapkan oleh OJK menggunakan pajak progresif. Hal ini tergantung dengan limit jaminan yang ingin dimiliki yang tertera pada ikhtisar Polis.

Sementara rate untuk asuransi mobil jika ingin pemilik kendaran mendapatkan limit jaminan Rp25 juta berarti harga preminya adalah Rp 25juta x 1% atau hanya sekitar Rp250 ribu per tahun.

Pihak Adira Insurance juga menjelaskan dengan adanya penambahan premi yang tidak terlalu mahal, TPL tersebut dapat membantu atau yang memiliki asuransi, maupun korban kecelakaan. Dimana pihak korban akan mendapatkan biaya ganti rugi akibat kecelakaan tersebut.

“Memiliki jaminan TPL dapat dikatakan sebagai bentuk tanggung jawab sosial, karena apabila Tertanggung menyebabkan kecelakaan, jaminan ini bisa membantu untuk meringankan korban yang terdampak. Kita sebagai pengguna jalan harus saling memperhatikan keselamatan di jalan dengan berkendara dengan aman dan selamat, serta bertanggung jawab apabila terjadi risiko di jalan,” tutup Wayan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here