Kenal Lebih Dekat Istilah Logo RS dari Mobil Honda

Emblem Honda RS
Emblem RS yang terpasang pada mobil Honda. Foto : Tri

Autonesian.com – Kebanyakan masyarakat salah kaprah terhadap istilah atau arti kepanjangan dari emblem RS yang terpasang di deretan produk mobil Honda. Bukan hanya sekedar hiasan maupun emblem, namun punya arti penting dari pabrikan asal Jepang satu ini.

Selain menjadi sebagai tanda varian tertinggi, Honda RS sendiri yang selalu dianggap kepanjangan dari Racing Sport tapi sayangnya itu salah. RS melainkan kepanjangan dari Road Sailing dan merupakan salah satu varian dari Sports Grade Direction.

Varian Sports Grade Direction ini sendiri diklaim selalu mengutamakan pengalaman everyday sport, dimana menawarkan sensasi menyenangkan dan dinamis dengan desain tampilan yang lebih sporty.

Pada varian ini, selain varian RS ini juga turut dikenal varian lain seperti varian Si (Sport Injection) yang merupakan “All-around Sport” dengan peforma sporty yang lebih tinggi dan “Type R” yang mengusung konsep “Pure Sport” dengan performa racing yang teruji di lintasan balap.

Sementara pabrikan mobil asal Jepang ini pertama kali memperkenalkan varian RS secara global pada Honda Civic generasi pertama pada 1974. Model ini dirilis sebagai varian eksklusif, yang hanya diproduksi sebanyak 20.000 unit dalam periode 1974 sampai dengan 1975.

Baca Juga :  Ingat Honda Mulai Recall Beberapa Model Akibat Fuel Pump Bermasalah

Honda RS

Saat ini terdapat 9 model secara global yang memiliki varian RS, yaitu Jazz / Fit (mulai tahun 2007), Mobilio (2014), Jade (2015), Brio (2016), HR-V (2019), Civic Sedan (2019), Civic Hatchback (2020) dan City (2020).

Sedangkan untuk pasar Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM) mulai memperkenalkan varian RS pada Honda Jazz generasi kedua pada tahun 2008. Lalu pada tahun 2014, HPM kembali menambahkan varian RS pada Honda Mobilio dan diikuti oleh Honda Brio RS yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2016.

Melengkapi keluarga RS pada segmen Hatchback, pada 6 Februari 2020, HPM memberikan emblem RS pada New Civic Hatchback bagi para konsumen loyal Honda yang menginginkan tampilan yang lebih sporty dan stylish.

Varian RS dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan fungsional dari sebuah mobil, tetapi juga gaya tampilan yang lebih mewakili gaya hidup konsumennya serta performa yang mendukung beragam aktivitas.

Untuk itu, varian RS menjadi grade teratas untuk beberapa model dengan menghadirkan bukan hanya tampilan yang lebih sporty, tetapi juga fitur dan teknologi yang lebih lengkap dari grade lainnya.

Total
1
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article
New Suzuki Carry Pickup Kendaraan Komersial

Berkat Kendaraan Komersial, Suzuki Ukir Kenaikan Penjualan di Januari

Next Article
GIICOMVEC 2020 Prepare

Pameran Kendaraan Komersial GIICOMVEC 2020 Besok Siap Digelar

Related Posts