Hino : Produk Kami Sudah Siap Gunakan B30

Hino Dutro 130 HD indonesia
Hino Dutro 130 HD. Foto : Ist

Autonesian.com – Sejalan program pemerintah untuk penggunaan bahan bakar biodiesel sebesar 30% atau B30, Hino Indonesia melalui deretan produk unggulan secara resmi telah siap menggunakan bahan bakar campuran antara 30 persen biodiesel dan 70 persen solar.

Selain itu, penggunaan B30 juga telah tertuang melalui Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) Nomor 12 tahun 2015 tentang “Penyediaan, Pemanfaatan dan Tata Niaga Bahan Bakar Nabati (Biofuel) Sebagai Bahan Bakar lain”, yang berlaku mulai dari 1 Januari 2020.

Sejak tahun 2010 hingga saat ini, Hino sendiri terus melakukan riset dan pengembangan produk khusus untuk biodiesel. Secara intens durability test dan emission test dilakukan didalam laboratorium agar hasil dapat di cek secara ilmiah.

Baca Juga :  Pertamina Kembali Resmi Turunkan Harga BBM Non Subsidi

Test dilakukan Hino di Indonesia dan Jepang dengan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait, seperti: Balai Teknologi Termodinamika, Motor dan Propulsi (BT2MP) dulu BTMP, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Lembaga Minyak dan Gas Bumi (Lemigas), Balai Teknologi Bahan Bakar & Rekayasa Disain (BTBRD) dulu BRDST, Kementerian Perhubungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Pertamina.

“Dengan pengunaan bahan bakar B30, diharapkan pengusaha maupun pengemudi truk melakukan kontrol dan perawatan yang lebih rutin. Ini dibutuhkan untuk mencegah atau meminimalkan penyumbatan filter sehingga kondisi kendaraan tetap terjaga dan bisnis dapat terus berjalan,” kata Direktur Penjualan dan Promosi PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) Santiko Wardoyo di sela-sela media gathering di Jakarta, Kamis (23/1).

Baca Juga :  Hino Dutro Safety Driving Competition Jakarta Resmi Digelar

Perubahan spesifikasi kendaraan Hino dilakukan untuk unit kendaraan dengan tahun produksi vehicle identification number (VIN) 2020 yaitu pada bagian ukuran fuel filter yang dibuat lebih besar sehingga filter tetap dapat bertahan 10.000 km sesuai dengan yang saat ini digunakan untuk B20.

Selain itu fuel tank dilapisi dengan alumunium platting coated untuk mencegah terjadinya karat, fuel sender gauge dan piping juga dilapisi dengan Nickel platting coated untuk memberikan daya tahan yang lebih kuat terhadap zat asam yang dihasilkan oleh fame B30.

Sementara untuk material yang berbahan karet, seperti Hose sudah menggunakan material fluorubber agar tahan terhadap sifat – sifat dasar dari biodiesel yang menghasilkan zat asam dan mengkikis material.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article

Suzuki Address FI Bermasalah? Berikut Penjelasannya

Next Article
pertamina lubricants Petro Products Company Bangladesh

Produk Pertamina Lubricants Mulai Dipasarkan di Bangladesh

Related Posts