Ban Dunlop SP SPORT LM705 Resmi Dikenalkan dan Diuji

0
Ban Dunlop SP SPORT LM70
Dunlop SP SPORT LM70. Foto : Ahmad

Autonesian.com – PT Sumi Rubber Indonesia (Dunlop) resmi mengenalkan dan sekaligus menunjukan keunggulan produk terbarunya yakni SP SPORT LM705 di Cikarang, Bekasi, Kamis (20/02).

Dengan menerapkan Shinobi Technology, pasalnya ban mobil ini diklaim mampu meredam noise dan getaran saat mobil melewati permukaan jalan yang tidak rata dan kasar sehingga berkendara semakin nyaman.

“Teknologi Shinobi adalah Teknologi Baru Dunlop dalam hal desain ban secara Profil dan Pola Telapak, yang dapat mengefektifkan fungsi dinding samping dan telapak ban untuk meredam getaran di jalan bergelombang, sehingga meningkatkan Kenyamanan dan Kesenyapan,”ujar Hendra Himawan, GM Sales Plan & Admin PT Sumi Rubber Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, pihak Dunlop juga turut mengajak para awak media untuk merasakan secara langsung keunggulan dari ban Dunlop SP Sport LM705 melalui Feeling Test. Pada feeling test tersebut bertempat di Central Park, Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Autonesian Youtube Channel

Pada pengujian meliputi Comfort Test atau uji kenyamanan, Noise Test atau uji kesenyapan dan High Speed Lane Change Test atau uji perpindahan lajur dalam kecepatan tinggi serta Stability test atau uji kestabilan untuk mengetahui respon dan stabilitas ban ketika mobil melalui jalan yang berkelok.

Namanya saja Feeling test, pengukuran dari ban mobil dari Dunlop ini juga sesuai apa yang kami rasakan secara langsung dan juga objektif tanpa adanya dukungan dari sebuah alat ukur apapun.

Pengujian Ban Dunlop SP Sport LM705 dipasangkan pada unit Toyota Camry, sedangkan unit mobil yang sama dipasangkan Ban merk lain. Kami diajak untuk menumpangi kedua mobil tersebut secara bergantian dan disini kami tidak mengendari, tujuannya agar kami bisa benar-benar merasakan perbedaan yang terjadi di dalam mobil dengan kondisi penggunaan ban berbeda.

Ban Dunlop SP SPORT LM70

Pertama kami menumpangi mobil dengan produk competitor, selanjutnya bergantian dengan mobil menggunakan ban Dunlop. Hasilnya adalah kami sangat merasakan kesenyapan yang dihasilkan dari gesekan ban dengan permukaan jalan, berbeda dengan mobil competitor yang sebelumnya kami tumpangi juga, noise yang dihasilkan berhasil direduse dengan baik oleh ban Dunlop SP SPORT LM705.

Baca Juga :  Arc Vector EV Motor Listrik Super Mahal Siap Diproduksi

Selanjutnya saat mobil melibas jalan bumpy yang dibuat dengan rubber hal yang kami rasakan dengan nama mobil kompetitor adalah terdengarnya suara benturan dengan keras, sama halnya dengan mobil Dunlop suara yang dihasilkan masih sama tapi tidak sekeras dengan mobil yang menggunakan ban competitor artinya suara yang dihasilkan sama tapi lebih soft Dunlop SP SPORT LM705.

Kemudian kami dibawa bermanuver dengan kecepatan 90 sampai 100 km/jam dengan berliuk-liuk, tujuannya adalah untuk membuktikan stabilitas ban. Apakah masih dapat terkontrol atau kehilangan traksi, karena lintasan masih basah dengan genangan air setelah diguyur hujan seharian.

Dan ini terbukti, saat kami berada didalam mobil dengan nama competitor ban terasa memberikan tahanan dan sedikit membuang saat mobil bermanuver dengan kecepatan tinggi serta respon ban untuk mengikuti body roll mobil masih terasa delay.

Sedangkan mobil dengan nama Dunlop dalam keadaan yang sama sangat berbeda sekali, terasa lebih stabil setiap manuver-manuver yang dilakukan, termasuk responsif saat mengikuti body roll mobil dengan cepat.

Menurut desainer Dunlop SP SPORT LM705 asal Jepang tersebut, Ban ini telah dirancang Asimetris. Dimana mampu meningkatkan performance pada handling, kenyamanan, mengurangi noise serta meminimalisir terjadinya ireguler ware atau permukaan tidak merata.

Dunlop SP SPORT LM705 baru akan resmi  dipasarkan pada bulan Maret 2020 dengan 32 pilihan ukuran. Sayangnya soal harga yang akan dibanderol pun belum dirilis secara resmi. Namun diperkirakan akan lebih murah dengan kualitas yang jauh lebih baik dari LM704.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here