SMAN 5 Yogyakarta Boyong Gelar Terbaik Toyota Eco Youth 2019

Toyota Eco Youth ke 11 2019
SMAN 5 Yogyakarta berhasil memenangkan gelar terbaik di Toyota Eco Youth (TEY) ke-11 dan akan diberangkat oleh Toyota Indonesia ke Jepang. Foto : Tri

Autonesian.com – Setelah sukses di tahun sebelum-sebelumnya, Toyota Eco Youth (TEY) kembali digelar dengan bertemakan ‘Ecosociopreneur’.  TEY sendiri digelar oleh Toyota Indonesia dan sebuah aktivitas CSR di bidang pendidikan dan pengembangan SDM.

Pada tahun ini Toyota Eco Youth (TEY) telah memasuki ke-11 dan digelar setiap tahunnya tersebut juga merupakan hasil kolaborasi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) bersama PT Toyota Astra Motor (TAM).

“Kami sangat mengapresiasi semangat kepedulian lingkungan yang dituangkan para pelajar dalam berbagai program bertemakan ‘Ecosociopreuner’,” ujar Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Edward Otto Kanter di Jakarta, Selasa (06/08/2019).

Edward juga mengharapkan kedepannya melalui program yang telah digalakkan akan memberikan sumbangsih positif bagi keberlanjutan alam serta kesejahteraan masyarakat sekitar.”

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur PT TAM, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa Toyota tidak hanya fokus pada pengembangan bisnis melalui produk, teknologi, dan peningkatan layanan purna jual kepada pelanggan, namun juga mempunyai komitmen untuk turut berkontribusi demi terciptanya masyarakat dan lingkungan yang lebih baik.

“Melalui program Toyota Eco Youth, diharapkan dapat menjadi salah satu medium untuk semakin meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda, dalam pentingnya upaya pelestarian lingkungan. Semoga para peserta TEY ini dapat menginspirasi orang-orang di sekitarnya dan ide-ide yang dituangkan dalam proyeknya dapat dimanfaatkan dengan baik di masa depan,” ujar Henry.

Baca Juga :  Bridgestone Indonesia Resmi Hadirkan Ban Mobil Turanza T005A

Ajang penghargaan “TEY Awarding Ke-11” ini sendiri terbagi dua kategori dalam penilaian proyek proposal diantaranya ‘Science’ dan ‘Social’ dan melibatkan ribuan proposal dari 4 provinsi.

Toyota Eco Youth ke 11 2019

Pada kategori ‘Science,’ Juara 1 berhasil diraih oleh SMAN 5 Yogyakarta yang mengangkat tema “Pemanfaatan Ekstrak Daun Pepaya dan Abu Kayu sebagai Pestisida Hama Ulat Kubis”, Juara 2 diperoleh SMK Texar Karawang dengan tema “Alat Pengurai Kemacetan” dan Juara 3 diraih oleh SMAN 3 Merauke bertema “Hydrovolot Recycle Limbah Domestik menjadi Energi Listrik 900 watt dan sebagai Water Netralisir.”

Dalam kategori ‘Social,’ Juara 1 sukses dicapai oleh SMAN 2 Semarapura (Bali) yang mengangkat tema “Film Pendek Komedi Pemilihan Sampah (Filadipisah) Strategi Jitu Menggugah Kesadaran Masyarakat untuk Memilih Sampah Skala Rumah Tangga.” Juara 2 diraih oleh SMAN 19 Bandung dengan tema “Udunan Sampah” serta Juara 3 diperoleh SMAN 1 Ambon bertema “Penerapan Budaya Kalesang Kintal dan Kewang Upaya Pembangunan Karakter Siswa di Lingkungan Sekolah.”

Sementara itu, Pemenang ‘Best of Best’ dari TEY Awarding Ke-11 tersebut berhasil disabet oleh SMAN 5 Yogyakarta yang juga akan menerima hadiah berupa perjalanan ‘Eco Trip ke Jepang.’

Baca Juga :  Toyota Hadirkan Pameran Berkonsep Virtual Hingga Program Diskon Menarik

Kegiatan TEY yang telah berlangsung secara berkelanjutan hingga menginjak usia ke-11 telah menjadi wadah yang sukses menstimulasi gagasan generasi muda dalam mencetuskan program-program pembaharuan kondisi lingkungan dan komunitas.

Dengan mengusung tema ‘Ecosociopreuner,’ yaitu konsep program yang mengajak partisipasi masyarakat untuk menghasilkan nilai ekonomi namun tetap berfokus pada pelaksanaan program lingkungan.

Pada penyelenggaraan TEY ke-11 kali ini, jumlah SMA dan SMK yang terlibat menjadi peserta mencapai 600 sekolah dengan total proposal proyek lingkungan hidup mencapai 4.000 proposal dari 34 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia. Jika diakumulasi, sejak TEY ke-1 hingga TEY ke-11 total partisipasi dalam program TEY mencakup hingga 8.500 proyek dan 2.100 sekolah.

“Konsistensi program TEY diharapkan dapat memberikan penghargaan dan dukungan penuh atas ide-ide kreatif para pelajar yang berhasil diwujudkan menjadi suatu gebrakan maupun inovasi dalam menjaga kelestarian alam di masa yang akan datang,” ujar Direktur Administration, Corporate, & External Affairs PT TMMIN Bob Azam.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article
Tata Prima 2528K Indonesia

Tata Prima 2528.K Kini Jadi Andalan Baru Topabiring Trans Logistik

Next Article
bengkel pertamina olimart grab lounge bungurasih

Pertamina Olimart Kini Hadir di Grab Lounge Bungurasih

Related Posts