Tahun 2018, Toyota Indonesia Berhasil Tembus Ekspor 206.600 Unit

Toyota Indonesia ekspor Innova
Toyota Indonesia turut mengekspor Innova ke mancanegara. Foto : Ist
autonesian.com – Pada Tahun 2018 Toyota Indonesia secara resmi berhasil melakukan pengiriman kendaraan utuh (Complete Build Up/CBU) ke pasar global dengan rekor tertinggi dalam sejarah kegiatan ekspor dalam negeri.

Sepanjang tahun 2018, total pengapalan CBU bermerek Toyota berhasil menembus angka 206.600 unit atau naik positif sebesar 4% dari capaian tahun 2017 lalu yang berjumlah 199.600 unit.

“Performa ekspor CBU Toyota tetap naik positif di tengah situasi perang dagang dan proteksi di beberapa negara. Hal ini tidak terlepas dari upaya kami untuk selalu kompetitif serta sinergi dan dukungan yang kuat dari Pemerintah Indonesia, sehingga kinerja ekspor Toyota dapat terjaga walaupun kondisi makro ekonomi dunia cenderung kurang menguntungkan,” ungkap Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Model SUV Fortuner masih menjadi kontributor terbesar ekspor CBU Toyota dengan catatan angka sebesar 52.600 atau sekitar 25% dari total ekspor CBU Toyota. Posisi kedua ditempati oleh model Avanza dengan total 35.300 (17%). Rush menjadi kontributor terbesar ketiga terhadap performa ekspor CBU Toyota dengan jumlah pengapalan sebanyak 34.100 unit (17%).

Baca Juga :  Edisi Terbatas, Ferrari Bocorkan Foto LaFerrari Terbaru

Di tempat keempat diduduki Agya dengan volume ekspor 31.000 (15%). Vios berada di tempat kelima dengan kontribusi sebanyak 23.100 unit (11%). Selain lima besar kontributor ini, model CBU ekspor bermerek Toyota lainnya adalah Kijang Innova, Yaris, Sienta, Town Ace/Lite Ace dengan jumlah volume 30.500 unit.

Selain dalam bentuk CBU, Pada periode yang sama TMMIN juga berhasil mengekspor kendaraan dalam bentuk terurai atau Completely Knock-Down (CKD) sebanyak 42.700 unit, mesin tipe TR dan NR sebanyak 146.000 unit serta komponen sebanyak 107,6 juta buah.

Pada tahun 2018 yang lalu, beberapa capaian positif kinerja ekspor juga telah ditorehkan. Mengawali tahun 2018, destinasi ekspor model SUV Rush telah diekspansi yang awalnya hanya dikapalkan ke Malaysia, kini menjadi ke lebih dari 50 negara di kawasan Asia, Timur Tengah, Amerika Latin.

Baca Juga :  Suzuki Permudah Pemudik Lewat Aplikasi Mudik Assistant

Selanjutnya, salah satu produsen mobil terbesar di Indonesia ini juga menandai tercapainya 1 juta volume kumulatif ekspor CBU bermerek Toyota di bulan September dengan seremoni yang juga dihadiri oleh Presiden RI dan jajaran Menteri terkait.

Selain itu juga Toyota Indonesia meraih penghargaan Primaniyarta untuk yang kesembilan kalinya untuk kategori Eksportir Berkinerja pada bulan Oktober dan penghargaan diberikan Kemeterian Perdagangan RI serta memboyong dua penghargaan dari Bank Indonesia atas konsistensi mengelola investasi dan ekspor.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article
RSV Helmet KTM Kalimalang

Hasil Kolaborasi Panas, RSV Helmet Resmi Buka Outlet Baru di Kalimalang

Next Article
Fasilitas produksi Koenigsegg

Koenisegg Siap Kembangkan Hybrid Supercar

Related Posts