Resmi Diluncurkan, Honda PCX Electric Masih Susah Dipinang

0
Honda PCX Electric
Honda PCX Electric. Foto : AHM
autonesian.com – Setelah resmi menghadirkan versi hybrid, kini PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan Honda PCX Electric di Indonesia untuk sebagai jawaban atas tren elektrifikasi sepeda motor masa depan.

Model ini hadir dengan mengusung tampilan elegan dan kemewahan fitur Honda PCX yang telah dikenal luas, dilengkapi teknologi tinggi kelistrikan yang membawa pengendara berkendara menyenangkan dengan sepeda motor listrik.

Namun sayangnya meski sudah resmi diluncurkan, pihak AHM telah menyiapkan skema bisni tersendiri yang akan diimplementasikan secara bertahap atau gradual.Pada tahap awal, AHM menjalankan skema bisnis untuk Honda PCX Electric berupa penyewaan kepada perusahaan untuk mendukung operasional bisnis perusahaan di berbagai lini.

Dalam tersebut juga AHM akan menggandeng pihak ketiga dalam melayani penyewaan dengan berbagai perusahaan. Kegiatan penyewaan ini akan dimulai pada kuartal pertama 2019 di beberapa kota besar Indonesia.

Presiden Director AHM Toshiyuki Inuma mengatakan Honda PCX Electric adalah salah satu perwujudan roadmap AHM untuk menghadirkan teknologi sepeda motor, sesuai perkembangan tren kendaraan saat ini, sekaligus menghadirkan alternatif moda transportasi dengan teknologi listrik.

“Di samping motor berbasis bahan bakar, kami ingin mewujudkan kendaraan listrik yang nyaman dan menyenangkan di masa depan. Honda PCX Electric adalah model pertama kami untuk melengkapi gaya hidup masa depan masyarakat Indonesia,” ujar Inuma.

Honda PCX Electric

Untuk masalah performa, Honda PCX Electric ini mengandalkan dua unit baterai portabel yang disebut Honda Mobile Power Pack yang masing-masing berkapasita 50,4V dengan mampu menjalankan sepeda motor sekitar 69 km dalam sekali pengisian penuh (hasil pengujian dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam secara konstan).

Baca Juga :  Akhirnya All New Toyota Rush Resmi Mengaspal

Melalui dua baterai tersebut juga dilengkapi konstruksi yang struktur Interior Permanent Magnet (IPM) demi mendapatkan efisiensi energi dan performance motor listrik yang optimal dengan diklaim mampu menghasilkan output maksimum 4.2kW serta torsi maksimal 18 Nm @500 rpm.

Honda Mobile Power Pack bisa diisi ulang menggunakan dua mekanisme, yakni off – board charging yang dimana mengganti dua baterai kosong dengan baterai yang sudah terisi/ swap system,  atau menggunakan konektor yang bisa disambungkan dengan listrik gedung atau perumahan (on-board charging).

Sedangkan untuk mengisi baterai kosong, dua baterai tersebut dapat terisi penuh dalam pengisian selama 4 jam saat menggunakan pengisi daya opsional dengan metode off – board . Terdapat pula cara pengisian menggunakan sistem on – board (terkoneksi langsung dengan listrik) dengan masa pengisian 6 jam.

Dengan kehadiran PCX vesi listrik ini juga pihak AHM juga turut menyiapkan berbagai fasilitas dan sarana untuk mendukung bisnis sepeda motor listrik. Di antaranya jaringan Honda yang melayani servis Honda PCX Electric serta kebutuhan swap / penggantian baterai.

Selain itu juga dilengkapi layanan darurat bagi penggunanya melalui contact center 7X24 jam, emergency road assistance (Honda care), dan service visit , siap memberikan pelayanan maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here