Para Pemenang Anugerah Jurnalistik Pertamina Resmi Diumumkan

Anugerah Jurnalistik Pertamina
Nova Wahyudi dengan judul karyanya “Menjumput Cahaya Malam di Dusun Saruan” Berhasil memenangkan Kursus Jurnalistik di Eropa pada ajang Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2017. Foto : Tri

autonesian.com – Akhirnya PT Pertamina (Persero) resmi menggumumkan para pemenang Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2017 di Gedung Arsip Nasional, Jakarta pada Jumat (17/11/17).

Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2017 sendiri merupakan apresiasi Pertamina kepada para pewarta dalam pembuktian kemampuan memproduksi karya jurnalistik, kini telah merata di kalangan wartawan, baik yang bertugas di Jakarta maupun di daerah.

Acara yang digelar selama satu tahun ini hadir dalam 11 kategori dan berhasil mengumpulkan total 53 pemenang, 32 diantaranya merupakan para jurnalis dari berbagai daerah daerah yang tersebar di tanah air.

“karya jurnalistik dari para pewarta di Indonesia yang tersaji dalam bentuk artikel, video, audio hingga foto turut berkontribusi bagi Pertamina untuk dapat menyajikan informasi yang positif untuk kemajuan energi bangsa yang patut diketahui oleh masyarakat luas,” ujar Elia Massa Manik, Direktur Utama PT Pertamina.

Elia menambahkan,”Anugerah Jurnalistik Pertamina merupakan bentuk apresiasi Pertamina, sekaligus untuk mempererat kerjasama yang baik dengan para wartawan yang sudah banyak membantu Pertamina dalam memberikan informasi kemajuan serta inovasi dibidang energi untuk kemajuan Pertamina.

Baca Juga :  WOM Finance Resmi Lakukan Pengudian Hadiah WOMbastis

Anugerah Jurnalistik Pertamina

Piala Anugerah Jurnalistik Pertamina 2017 ini juga merupakan upaya dan kerja keras Dewan Juri dalam melakukan penilaian yang objektif dan transparan. Dewan Juri AJP yang diketuai Ninok Leksono, beranggotakan pakar dari berbagai bidang diantaranya, Effendi Gazali, Riza Primadi, Onno Widodo Purbo, Berly Martawardaya, Enda Nasution, Komaidi Notonegoro, Eman Sulaeman Nasim, Oscar Motuloh, dan Beawiharta.

Melalui dua kali pleno, 10 orang Dewan Juri dari berbagai bidang dan kompetensi ini berdiskusi dan mempertimbakan beberapa indikator untuk memutuskan masing-masing 3 (tiga) orang pemenang pada setiap 9 kategori yakni : Features Media Cetak, Hardnews Media Cetak, Features Online, Features Televisi, Features Radio, Publikasi Corporate Social Responsibility, Publikasi Olahraga, Essay Foto, dan Citizen Journalism. Sementara untuk kategori Foto Pilihan Juri menentukan 25 pemenang.

Dalam kategori yang paling bergengsi, Best of The Best yang mengompetisikan juara pertama dari 9 (Sembilan) kategori, Dewan Juri menunjuk Juara Pertama Essay Foto yang dimenangkan oleh Nova Wahyudi dari Antara Foto dari Palembang dan berhak mendapatkan hadiah utama berupa berbagi pengetahuan tentang jurnalistik dengan jurnalis di Inggris melalui trip ke London, Inggris scera gratis.

Baca Juga :  [Galeri Video] Honda Neo Sports Cafe, Motor Baru Siap Diperkenalkan

Dalam Foto Essay tersebut, Nova Wahyudi dengan judul karyanya “Menjumput Cahaya Malam di Dusun Saruan”, menggambarkan situasi di Desa Merbau, Ogan Komering Ulu Selatan, yang mendapatkan aliran lisrik dari pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) sebagai bagian dari program CSR Pertamina Refinery Unit III, PLaju.

Dan dari seluruh pemenang kategori akan mendapatkan trophy, piagam, serta uang tunai. Untuk melengkapi pengakuan atas kemenangan tersebut, Pertamina juga akan mengusulkan kepada Dewan Pers untuk memberikan Sertifikat Profesi Wartawan kepada para juara.

Baca Juga  :

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Related Posts