FORWOT bersama JDDC Tantang Bikers Tertib Berlalu Lintas

forwot-jddc-road-safety-campaign-2016-2

autonesian.com – Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) kembali menantang para bikers untuk selalu tertib berlalu lintas dalam kegiatan Road Safety Campaign yang berkerja sama oleh Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) dan digelar di Kota Bogor, Minggu (18/12/16).

Forum yang berdiri sejak 2003 ini menggelar Road Safety Campaign 2016 berupa Safety Riding Training dengan melibatkan para bikers yang berasal komunitas motor dari kota Bogor, Jakarta dan sekitarnya serta diikuti beberapa wartawan ini mengikuti beberapa tahap pelatihan

“Seperti pelatihan-pelatihan keselamatan sebelumnya (2010, 2012, dan 2014), tahun ini diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari komunitas sepedamotor di Bogor dan sekitarnya, serta wartawan,” ujar Wilfridus Zenobius Kolo, ketua pelaksana Road Safety Campaign 2016.

“Pelatihan terdiri dari dua bagian yaitu Teori dan Praktik. Di awal kursus, setiap peserta diberi pengetahuan teori mengendarai sepedamotor. Paruh kedua menjadi saat yang sangat ditunggu oleh peserta karena mereka harus menerapkan atau mempraktikkan semua teori yang telah diajarkan oleh para instruktur,” imbuh Wilfridus.

Baca Juga :  Gelar Turing Lagi, Journalist NMax Community Ganti Nama dan Pengurus Baru

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa session Praktik terdiri dari 12 modul (harsh braking, counter weight lurus, counter weight u turn, tight maneuvering, counter steering lurus, counter steering circle of 8, balancing, macadam, ascending, braking & swerve, cornering & braking, serta judge & react) yang dibawakan oleh Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

forwot-jddc-road-safety-campaign-2016-5

“Kami berterima kasih kepada PT Astra Honda Motor, PT Pertamina Lubricants, PT Astra Otoparts, Garda Oto, Adira Insurance, Zeneos & IRC, serta FIFGROUP, yang mendukung kegiatan ini,” kata Wilfridus.

Sementara, Zainal Abidi, Sekjend FORWOT, mengatakan bahwa acara ini merupakan salah satu dukungan FORWOT dalam mendukung Dekade Aksi Keselamatan Jalan (2011 – 2020) yang telah dicanangkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono pada 20 Juni 2011. Saat itu Boediono mengungkapkan bahwa setiap 10 – 15 menit satu orang meninggal karena kecelakaan.

“Banyak hal yang mesti kita perbaiki agar angka kecelakaan turun dan jalan raya menjadi tertib. Safety Riding Tarining merupakan satu upaya kecil dari FORWOT dalam mewujudkan itu semua karena manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat dalam hal ini adalah komunitas sepedamotor,” terang Zainal.

Baca Juga :  Test Drive Avanza Bisa Bawa Pulang Innova

Zainal mengutip data kecelakaan lalu lintas dari Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korlantas Polri) bahwa sepanjang 2015 terjadi sekitar 95 ribu kejadian kecelakaan dengan 20 ribuan orang meninggal. Sedangkan pada semester I 2016 terjadi 52 ribuan kejadian dengan sekitar 11 ribu orang meninggal.

“Sepedamotor masih menjadi penyumbang utama angka kecelakaan lalu lintas, oleh karena itu kami berharap dengan pelatihan keselamatan berkendara sepedamotor ini dapat menekan angka kecelakaan dan mereka yang mendapatkan pelatihan bisa menularkannya ke orang-orang terdekat,” harapnya.

Baca Juga :

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article

Ferrari J50 Resmi Meluncur dalam Perayaan 50 Tahun di Jepang

Next Article

Mazda CX-5 Ukir Prestasi Sebagai Asean Car of The Year 2016

Related Posts