Akhirnya Pajero Sport Sabet Gelar Mobil Terbaik Versi FORWOT 2016

autonesian.com – Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) akhirnya kembali memberikan kepada mobil terbaik yang beredar di Indonesia melalui ajang award FORWOT Car of The Year (FCY) 2016.

Pada penyelenggaraan tahun ini FCY berhasil menyaring 28 mobil terbaik di Indonesia dari 16 Agen Pemegang Merek (APM) yang ada di dalam negeri. Mobil-mobil tersebut merupakan model benar-benar baru (all-new) yang diluncurkan pada periode Agustus 2015 hingga Juli 2016.

Kelima mobil finalis FCY 2016 adalah Chevrolet Trax, Honda Civic, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Kijang Innova dan Toyota Sienta. FCY yang digelar untuk keenam kalinya ini turut didukung oleh Pertamina Lubricants dan GT Radial.

Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT menyebutkan, proses penjurian masih tetap mengacu pada “Car of the Year” dari Car of the Year Committe atau www.caroftheyear.org yang dipakai untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa namun telah disesuaikan dengan kondisi pasar otomotif di Indonesia.

“Ada 25 juri dari jurnalis otomotif di Indonesia yang dilibatkan untuk proses pemilihan FCY 2016. Para juri memilih mobil terbaik dengan cara polling dan penilaian scoring yang ketat,” kata Indra di Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Sedikit berbeda pada tahun ini, FCY melibatkan seluruh anggota FORWOT dalam mencari lima mobil terbaik dari 28 model yang memenuhi persyaratan yakni design, comfort, safety, economy, handling, performance, functionality, enviromental requirement, driver Satisfaction, dan  price. Kelima mobil terbaik kemudian melalui proses penjurian untuk memilih satu mobil terbaik, dengan sistem pengumpulan poin.

“Hasil penilaian para juri menunjuk Pajero Sport sebagai FORWOT Car of the Year 2016, dengan total nilai 189,5 poin. Pajero Sport sukses mengungguli Kijang Innova dengan 140 poin, Civic 126,5 poin, Sienta 90 poin dan Trax 79 poin,” ujar Gede Widiastra selaku Ketua Juri FCY 2016.

Indra berharap FORWOT Car of the Year mampu memberikan sumbangsih kepada para pelaku industri otomotif Nasional sekaligus menjadi panduan bagi segenap konsumen otomotif di Tanah Air.

Baca Juga :

Exit mobile version