Nih Cara Membersihkan dan Mencuci Helm Sendiri

0

ilustrasi-clean-helmet

autonesian.com – Bagaimana si cara helm agar kita selalu bersih dan selalu enak kalau kita pakai saat riding. Sebelumnya kita harus tau membersihkan atau mencuci helm sendiri biar kondisi helm kesayangan kita tetap terjaga dengan baik, dan mempertahankan penampilannya agar selalu tampak baru, selain itu juga dapat mencegah timbulnya aroma kurang sedap sebagaimana yang sering terjadi pada helm.

Bukan hanya motor maupun jaket saja yang memerlukan perawatan dengan cara rajin mencuci dan di bersihkan, helm juga merupakan salah satu kelengkapan keamanan dalam berkendara, tentunya akan lebih nyaman ketika dikenakan dalam keadaan bersih, harum dan kinclong.

Saat ini sebenarnya tidak sulit untuk menemukan tempat atau jasa pencucian helm dengan tarif antara 15ribu hingga 50ribu yang biasanya banyak terdapat di area atau tempat tempat ramai seperti daerah pertokoan di kota kota juga di sekitar area kampus yang memang khusus melayani servis cuci helm. Pada umumnya penyedia jasa cuci helm tersebut memiliki alat yang dirancang (mesin khusus) hanya untuk mencuci helm sekaligus proses pengeringan yang cepat sehingga bisa kita tunggu.

Mencuci helm sebenarnya cukup mudah dan bisa anda lakukan sendiri di rumah jika memang anda sedang tidak malas atau sedang banyak waktu luang. Sebagai seorang biker yang kreatif semestinya melakukan hal ini akan memberikan kesenangan tersendiri selain bertujuan untuk berhemat. Lalu bagaimana cara mencuci dan membersihkan helm yang baik dan benar? Jika anda memiliki helm yang berharga mahal meskipun bukan helm yang sekelas kompetisi untuk ajang road race atau cross, tidak ada salahnya anda menerapkan cara merawat helm berikut ini setidaknya sebulan sekali untuk di cuci

ilustrasi-clean-helmet-2

Cara Mudah Mencuci Helm – Membersihkan dan Menghilangkan Bau Helm

Perlengkapan yang diperlukan:
– Air Bersih
– Shampoo
– Ditergen
– Kit helm
– Minyak silikon
– Pengharum
– Kanebo
– Obeng
– Sikat Gigi anak-anak
– 2 buah ember

  • Larutkan shampoo kedalam satu ember air bersih hangat aduk hingga berbusa untuk memastikan shampoo benar benar tercampur dengan merata.
  • Bongkar bagian bagian helm satu persatu mulai dari melepas kaca, hingga busa maupun karet seal menggunakan perkakas yang elah anda siapkan, biasanya akan berbeda untuk masing masing merek bagaimana cara membongkarnya. Untuk itu jangan melakukan nya dengan terburu, pastikan anda memahami terlebih dahulu sebelum bertindak yang bisa berakibat fatal.
  • Rendamlah spons serta busa helm ke dalam larutan shampoo tadi selama kurang lebih 15 menit kemudian sikat dengan lembut untuk melepaskan kotoran yang membandel. Biasanya karena keringat yang menempel adalah biang penyebab timbulnya aroma kurang sedap.
  • Proses pembersihan kaca helm harus di lakukan dengan hati hati untuk menjaganya agar tidak terjadi goresan.
  • Untuk pencucian bagian keras helm bisa anda gunakan sikat gigi agar bisa mencapai permukaan yang paling sempit (ventilasi helm). Karena disanalah biasanya kotoran debu membandel akan tertinggal dan menjadikan helm tampak kusam.
  • Jika semua bagian telah melalui tahap pencucian hingga anda bilas, saatnya melakukan proses pengeringan.
  • Untuk bagian kain, spons, maupun busa helm bisa anda keringkan langsung dengan di gantung ataupun dikeringkan dengan mesin pengering (spin) jika ada. Sedangkan untuk bagian keras bisa di lap terlebih dahulu menggunakan kanebo kemudian di jemur atau gunakan hair dryer jika ada.
  • Setelah semuanya kering barulah anda rakit kembali bagian bagian helm secara benar dan tepat agar nanti tetap nyaman dipakai.
  • Langkah paling akhir adalah proses finishing meliputi pemberian spray parfum pewangi untuk bagian dalam helm. Jangan mengunakan pengharum yang mengandung kadar alcohol tinggi karena dapat merusak spons dan busa helm.
  • Gunakan kit helm (silicon) untuk mengkilapkan bagian luar dan kaca helm. Selain mengkilapkan, hal ini juga bertujuan untuk membuat permukaan licin sehingga air dan debu tidak mudah menempel yang bisa mengakibatkan kaca memudar.

Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk menjaga kenyamanan anda selama menggunakan helm dan kami ingatkan selalu pakai helm ketika anda mengemudi sepeda motor! #keepsafety

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here