SUV Wuling Almaz Hybrid: Performa Garang, Irit BBM, dan Kenyamanan Setara Mobil Keluarga

Mobil Wuling almaz hybrid
Wuling Almaz Hybrid. Foto : Ist/Autonesian

Autonesian.com – Jenis kendaraan hybrid semakin laris menjadi pilihan konsumen sejak beberapa tahun terakhir. Hal ini dikarenakan kendaraan hybrid merupakan jembatan untuk beralih menuju elektrifikasi karena lebih ramah lingkungan dan pastinya lebih irit bahan bakar.

Pabrikan otomotif berlambang lima berlian, Wuling Motors turut meramaikan persaingan segmen mobil hybrid dengan meluncurkan Wuling Almaz RS Pro Hybrid, sebuah medium SUV berteknologi hybrid cerdas dengan kapasitas 7 seater yang cocok untuk keluarga.

Sektor eksterior menampilkan sentuhan modern, dinamis, dan berkelas. Sebagai varian facelift dari Almaz RS, detail desain Diamond Chrome Grille warna biru khas mobil listrik, disokong penggunaan velg Alloy Wheel 18 inci yang sporty.

Pada bagian interior mengutamakan kenyamanan dan kelegaan kabin. Tersedia teknologi wireless charging untuk smartphone, touchscreen head unit mewah didukung konektivitas internet lewat fitur IoV atau Wuling Remote Control App. Teknologi ini memungkinkan berbagai kendali dari jarak jauh melalui ponsel.

Menikmati musik lebih puas dengan teknologi 9 Infinity by Harman Speakers. Pengemudi maupun penumpang bisa memaksimalkan fitur perintah suara berbahasa Indonesia, WIND untuk mengontrol jendela, digital AC dengan PM 2.5 Air Purifier, memutar musik, hingga 360 Around View Camera (dengan teknologi Dynamic Trajectory). Kehadiran Panoramic Sunroof menjadi nilai tambah untuk menikmati perjalanan bersama teman-teman dan keluarga.

Almaz Hybrid memiliki sistem penggerak dari dua sumber energi yaitu bahan bakar bensin dan listrik dari baterai yang diproses motor listrik. Almaz Hybrid dibekali perpaduan mesin bensin berkonfigurasi 4-silinder berkapasitas 2.000 cc, dipasangkan dengan motor listrik yang memproduksi tenaga sebesar 174 hp dan torsi 320 Nm. Kedua sumber tenaga ini dikombinasikan melalui Dedicated Hybrid Transmission (DHT) sehingga mampu bekerja secara multi mode berupa EV Mode, Series Hybrid, dan Parallel Hybrid.

Baca Juga :  Toyota Siapkan Posko dan Bengkel Siaga Selama Liburan Nataru 2023

Kombinasi ini bekerja otomatis dalam memilih mode berkendara berdasarkan kondisi baterai, kecepatan dan kebutuhan pengemudi. Sistem ini bertujuan agar dapat memberikan efisiensi bahan bakar serta emisi yang lebih rendah, namun performa tenaganya tetap mumpuni.

Salah satu keunggulan utama dari Almaz Hybrid adalah kehadiran fitur EV Mode. Pada saat EV mode aktif, maka roda akan digerakkan oleh motor listrik yang mengambil energi dari baterai. EV Mode menjadi keunikan Almaz Hybrid yang bisa memberikan pengalaman berkendara layaknya mengendarai mobil EV.

Almaz Hybrid memberikan ketenangan pengemudi di perjalanan lewat inovasi sistem keselamatan terintegrasi Advanced Driver Assistance System (ADAS) dengan empat fungsi utama. Pertama adalah Adaptive Cruise yang bekerja otomatis untuk menjaga jarak keamanan dengan kendaraan di depan, membantu mengurangi kecepatan di jalan berkelok, menjaga kendaraan agar tetap di tengah garis jalur dan menjaga jarak aman dalam kondisi lalu lintas lancar. Selanjutnya fitur Lane Recognition yang didukung Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA) untuk memperingati pengemudi saat di luar jalur dan tetap menjaga di jalur yang tepat.

Baca Juga :  Jeep Renegade Versi Hybrid Siap Meluncur

Lalu ada fitur Safe Distance & Braking Assistance, yang memberikan peringatan jika kendaraan di depan tidak dalam jarak aman serta sistem otomatis pengereman darurat saat kondisi bahaya. Fitur selanjutnya adalah Intelligent Head Beam Assistance yang bekerja sebagai automatic light mengalihkan lampu jauh dan dekat sesuai lingkungan di sekitar.

Wuling Almaz Hybrid dibekali chassis dengan suspensi front/rear, steering Electric Power Steering (EPS) dan tilt steering adjustment. Pengemudi juga dapat mengecek kondisi tekanan ban mobil melalui fitur TPMS (Tire Pressure Monitoring System) pada layar Multi Information Display (MID). Fitur keselamatan pengemudi dilengkapi Electric Parking Brake (EPB), Hill Hold Control (HHC), Auto Vehicle Holding (AVH), Traction Control System (TCS), hingga Emergency Stop Signal (ESS) dan 4 SRS Airbags.

Vice President Wuling Motors, Arif Pramadana mengatakan tren SUV secara konstan terus mengalami peningkatan dan semakin digemari oleh masyarakat Indonesia. “Tidak hanya itu, segmen kendaraan hybrid juga kini semakin menarik minat masyarakat dengan semakin banyaknya pilihan. Hal tersebut mendasari langkah kami dengan semangat untuk terus hadir dengan inovasi melalui New Almaz RS Pro Hybrid,” ujar Arif Pramadana.

Dengan segenap fitur, kenyamanan, serta sistem cerdas hybrid yang ditawarkan, SUV Wuling New Almaz RS Pro Hybrid dijual di pasaran dengan banderol Rp442 juta untuk OTR Jakarta.

 

Total
0
Shares
Related Posts