Astra Financial Ukir Laba Bersih Rp 2,1 Triliun di Q1 2024

booth astra financial Talkshow Finexpo
Astra Financial. Foto : Ist/Autonesian

Autonesian.com – Pada kuartal pertama 2024, Astra Financial berhasil mencatatkan peningkatan laba bersih sebesar 12% pada Q1 2024 dengan nilai Rp 2,1 Triliun di 2024 dan Rp 1,8 Triliun di 2023.

Peningkatan hal ini didukung oleh 10 bisnis yang terdiri dari 8 sektor, yaitu pembiayaan, asuransi, perbankan, dana pensiun, teknologi finansial, uang elektronik, digital ventura serta modal ventura.

Berdasarkan data Kuartal 1 2024, Astra Financial mengelola aset sebesar Rp 192,6 triliun dengan didukung oleh lebih dari 22 ribu karyawan dengan 912 cabang, serta mengelola 31,2 juta pelanggan di seluruh Indonesia.

Direktur Astra sekaligus Director-in-Charge Astra Financial 1, Suparno Djasmin menyampaikan,“Sesuai dengan visi Astra Financial untuk menjadi penyedia jasa keuangan ritel yang terdepan, Astra Financial terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen yang didukung oleh integrasi berbagai layanan dalam ekosistem Astra.”

Menurut Suparno Djasmin atau yang sering disapa Bapak Abong juga menambahkan, pihaknya secara bertahap terus melakukan optimalisasi ekosistem layanan keuangan digital untuk memberikan kemudahan akses, kenyamanan dan keamanan dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian.

Secara performa pihaknya telah memimpin market pembiayaan (roda dua, roda empat dan alat berat) dengan mencatatkan market share sebesar 26%.

Baca Juga :  FIFGroup Hadirkan Solusi Pembiayaan dengan Beragam Promo & Program Menarik di IMOS 2022

Dari sisi nilai pembiayaan roda dua dan roda empat (FIFGROUP, ACC dan TAF) pada kuartal pertama tahun 2024, telah menyalurkan Rp 33,3 triliun, meningkat 8,1% dibandingkan dengan periode yang sama di 2023.

Untuk pembiayaan khusus alat berat yang dikelola oleh SANF dan KAF turut menyalurkan Rp 3,3 triliun, meningkat 4,4% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Pada sektor asuransi umum, Asuransi Astra berada di posisi Top 3 di Indonesia dengan premi bruto senilai Rp 2,5 triliun pada kuartal pertama di tahun 2024.

Performa asuransi tersebut didukung oleh pengembangan bisnis asuransi kendaraan, kesehatan dan komersial. Di sektor asuransi jiwa, Astra Life mencatatkan premi bruto senilai Rp 1,64 triliun yang menempatkannya pada posisi Top 10 di Indonesia.

Sejak 2018, pihaknya juga turut secara aktif mengembangkan layanan keuangan berbasis teknologi guna meningkatkan konektivitas layanan dengan memberikan customer journey & experience terbaik.

Hal ini terlihat dari peluncuran Maucash (2018), AstraPay (2021), Moxa (2021), SEVA (2022) serta layanan perbankan digital dari Bank Jasa Jakarta, yaitu Bank Saqu pada November 2023 lalu.

Bersamaan dengan itu, Astra Financial bersama unit bisnis melakukan literasi dan inklusi keuangan kepada para customer serta para pemangku kepentingan lainnya.

Baca Juga :  BMW Seri 7 Sabet World Luxury Car Award 2016

Direktur Astra dan Director-in-Charge Astra Financial 2, Rudy Chen menyampaikan: “Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi layanan keuangan berbasis teknologi ini untuk memberikan nilai yang optimal kepada para pelanggan atau nasabah kami.”

Disisi lain, pihaknya juga turut melakukan langkah bertumbuh baik dalam portolio bisnis melalui Aspirasi Keberlanjutan Astra dengan memperhatikan sisi keberlanjutan serta mendukung capaian Astra Sustainability Aspirations 2030.

Aspirasi keberlanjutan yang diterapkan Astra Financial berfokus pada:

1. Penurunan emisi gas rumah kaca
2. Peningkatan bauran energi terbarukan
3. Reduksi intensitas pengambilan air
4. Daur ulang limbah
5. Zero fatality dan pencegahan kecelakaan kerja, dan
6. Program pengembangan masyarakat.

Selanjutnya pihaknya juga turut aktif dalam mendorong ekosistem sustainable finance di Indonesia melalui pengembangan portfolio h au dalam bisnis pembiayaan dan asuransi pada beberapa sektor, yaitu: Transportasi Ramah Lingkungan, Energi Baru Terbarukan, Efisiensi Energi, UMKM, Pencegahan dan Pengendalian Polusi serta Investasi pada Obligasi Hijau.

Astra Financial juga turut mendukung upaya peningkatan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia, kepada lebih dari 19 ribu penerima manfaat pada 2023.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Related Posts