Deretan Pilihan Oli Terbaik untuk Motor Matic Harian

pilihan oli motor matik
Deretan produk oli motor matik. Foto : Ist/Autonesian

Autonesian.com – Dalam kurun waktu satu dekade terakhir pasar kendaraan roda dua di Indonesia sudah menjadikan skuter otomatis atau motor matic sebagai segmen yang mencatatkan penjualan tertinggi.

Secara spesifik juga menunjukan keadaan bahwa motor matic bermesin 125 cc turut mendominasi pasar kendaraan roda dua khususnya dari deretan motor skuter di Tanah Air.

Motor matic berkapasitas mesin 125 cc banyak jadi pilihan konsumen nasional karena sejumlah hal. Sebut saja; ada nilai lebih dalam hal akomodasi, motor matic di segmen ini banyak yang memilik bagasi dengan volume sedang.

Dapat berfungsi untuk menaruh barang bawaan, atau keperluan selama perjalanan. Hal lain yang juga dijadikan motivasi dalam memilih motor matic jenis ini yaitu harga belinya yang tergolong terjangkau dengan keragaman fitur serta detail desain yang unggul.

Perihal konsumsi bahan bakar yang ekonomis dengan potensi tenaga yang tersedia juga kerap dijadikan konsideran dari konsumen.

Namun tentu saja soal perawatan yang relatif mudah ikut mendorong segmen motor matic bermesin 125 cc punya daya pikat yang besar, soal perawatan tentu saja termasuk opsi dalam memilih pelumas yang secara rutn harus diganti.

Motor matic bermesin 125 cc umumnya punya volume tampung oli mesin 700 sampai 800 mililiter, dimana memilih oli untuk mesin motor ini bukan hal yang sulit dan tetap butuh kejelian khusus agar mesin bisa tetap terjaga performanya.

Hal itu dikarenakan, pada mesin motor matic terkini sebenarnya terdapat komponen yang lebih banyak jumlahnya sehingga membuat celah antar komponen semakin rapat, dengan begitu saluran untuk mengalirnya oli menjadi lebih halus.

Mesin 125 cc pada motor matic terkini dikenal punya desain yang mengutamakan dimensi yang compact sekaligus ekonomis namun bisa menghasilkan performa yang mumpuni untuk melintasi rute harian serta menopang beban tingkat sedang.

Di pasaran, oli yang cocok untuk motor matic model ini jamak diberi kode SAE 10W-30. Salah satu karakternya punya tingkat kekentalan yang terbilang rendah, secara fisik sedikit lebih kental dibandingkan yang berkode SAE 10W-40.

“Hendaknya konsumen memang bisa benar-benar memahami dengan baik semua kode pada kemasan oli supaya performa kendaraan bisa maksimal, setiap kode pada kemasan oli tidak bisa berlaku secara umum untuk semua jenis mesin motor matic,” buka Hartanto Setiawan selaku Automotive Technical Manager PosXGroup.

Diterangkan kembali oleh Hartanto bahwa sangat penting menggunakan oli mengacu pada manual book atau buku petunjuk kendaraan Anda.

Misalnya kendaraan yang mempunyai desain mesin rapat membutuhkan tingkat kekentalan oli lebih rendah dengan rekomendasi oli SAE 10W-30 dibandingkan oli SAE 10W-40 saat kondisi operasional sehingga oli lebih mudah mengalir memenuhi ruangan celah mesin.

Baca Juga :  Alami Perubahan, Adira Insurance Kembali Lakukan Riset Keselamatan Jalan Raya

“Kedua jenis oli itu dibuat untuk memenuhi spesifikasi mesin yang sesuai juga dengan kebutuhan performa serta potensi beban yang akan diterima kendaraan,” lanjutnya.

“Perlu diingat kembali, karena memilik desain mesin yang berbeda, pemakaian oli untuk motor transmisi manual dan motor matic, jelas berbeda satu sama lain. Tidak bisa bertukar spesifikasi karena transmisi manual memakai kopling basah, sementara motor matic memakai kopling kering,” wanti Hartanto mengingatkan.

Kembali dijelaskan oleh Hartanto, pemakai motor matic 125 cc hendaknya juga rutin melakukan penggantian oli agar performa pelumasan tetap maksimal. Panduan mudahnya, penggantian oli setiap 2.000 hingga 3.000 kilometer, bisa juga pakai rentang waktu setiap dua bulan sekali.

Saat ini oli untuk motor matic bermesin 125 cc yang tersedia di pasar umumnya berada dalam kemasan 700 hingga 800 mililiter, selaras dengan kapasitas oli pada motor matic harian ini yang berada pada kisaran 800 mililiter.

pilihan oli motor matik PANAOIL SP5

Sementara itu harga ecerannya juga cukup lebar, bisa dimulai dari kisaran Rp 40-80 ribu. Di bawah ini ada 10 produk oli 10W-30 yang bisa dipilih.

MOTUL Scooter LE

Oli motor ini memiliki spesifikasi antara lain; berstandar JASO MB dan API SL, ada kandungan ester serta aditif pembersih maupun anti aus komponen.

Termasuk oli yang masuk kategori oli Mineral, lebih cocok untuk motor matic baru yang tingkat keausan mesin serta kebisingannya masih minim. Volume kemasan oli ini 800 mililiter.

REPSOL MXRMatic

Oli sintetik ini punya spesifikasi yang tertera pada kemasan; JASO MB dan API SL, klaim formulanya minim gesekan serta reduksi konsumsi bahan bakar.

Ada ‘fitur’ XR-Technology membantu menjaga kebersihan mesin, mengisolasi partikel berbahaya dan menjaga lapisan anti aus. Volume oli ini seperti yang tercatum pada kemasan adalah 800 mililiter.

FEDERAL OIL Matic 30

Merupakan oli sintetik berstandar JASO MB dan API SL, mempunya empat formula unggulan. Pertama, Advanced Active Moly yang akan mengurangi gesekan komponen mesin sekaligus spenjaga suhu mesin.

Kemudian ada Active Cleansing Molecule yang berfungsi membersihkan komponen interna mesin, Wear Protection Technology untuk mereduksi keausan komponen mesin. Dan Heat Protection Formulation untuk menjaga suhu mesin tetap stabil motor matic berjalan. Volume kemasan oli ini 800 mililiter.

PanaOIL SP5

Oli sintetik yang dibuat dari virgin base oil ini juga mempunyai kode JASO MB, khusus untuk motor otomatis (kopling kering) alias motor matic.

Standarisasi JASO ini secara spesifik diformulasikan atas kebutuhan formula oli kendaraan bermotor standar global untuk oli kendaraan bermesin 4-tak.

Oli PanaOIL SP5 Synthetic Protection merupakan oli sintentik yang menggunakan teknologi Engine Power Protection Tech dengan kandungan aditif Molybdenum Dithiocarbamate, sehingga mempunyai karakter struktur molekul yang lebih baik dalam hal perlindungan komponen mesin dari potensi keausan

Baca Juga :  ExxonMobil Lubricants Siap Memperkuat Lini Produk dan Jaringan di Indonesia

Selain itu juga tidak mudah teroksidasi, bahkan bisa menghadirkan proses pendinginan mesin yang lebih optimal daripada oli mineral. Kemasan oli ini juga berukuran 800 mililiter.

SHELL Advance 4T AX5 Scooter

Oli berkode JASO MB ini volume kemasannya 800 mililiter, merupakan oli mineral premium. Mengandung zat aktif antioksidan ACT (Active Cleansing Technology), membantu menghilangkan kerak serta menjaga viskositas, sekaligus juga menjaga perorma pelumasan dalam kondisi baik dengan durasi lebih lama.

Perlindungan komponen mesin maupun mengurangi potensi keausan komponen mesin dan stabilisasi suhu mesin juga menjadi tiga hal lain dalam formula oli ini.

PERTAMINA Enduro Matic

Oli motor berkode JASO MB dan API SL dengan volume 800 mililiter. Formula utamanya zat aditif Molydbedenum, berguna untuk mengurangi friksi akntar komponen internal mesin pada suhu mesin dan juga ketika motor matic melaju di kecepatan tinggi. Direkomendasikan untuk produk motor matic generasi terbaru, terutama untuk buatan pabrikan Jepang.

X-TEN XT-30 Matic

Oli berkode JASO MB dan API SL dengan volume 800 mi. Ini merupakan oli full sintetik. Aditif utamanya adalah adanya kandungan Ester. Punya klaim; pemakaian oli berdurasi panjang, membuat kinerja komponen mesin juga tahan lama, dan membuat performa mesin jadi ‘enteng’ hingga masa akhir efektivitas oli sebelum diganti dengan yang baru.

ENEOS NXP Scooter 1

Secara spesifikasinya API SL dan JASO MB, merupakan oli semi sintetik, volume yang tersedia 800 mililiter. Secara spesifik oli ini ditujukan untuk motor matic dengan mesin 110-125 cc. Oli ini dirancang khusus dengan kualitas standar pabrikan Jepang untuk unit generasi baru.

CASTROL Activ Matic

Untuk spesifikasi dari sisi rating JASO adalah MB, merupakan oli semi sintetik, volume kemasan 800 mililiter. Secara teknis sesuai untuk motor matic ‘low end’.

Ada formula molekul Actibond dengan klaim melekat pada bagian-bagian penting bahkan ketika mesin mati serta memberikan lapisan pelindung sejak Anda menghidupkan mesin sekaligus menjaga stabilitas termal yang selama mesin bekerja,

EVALUBE Scootix HX

Oli ini punya rating API SL dan JASO MB, serta merupakan pelumas dengan kekentalan ganda (multigrade). Ini oli sintentik, ada formula aditif Molydenum Dithiocarbamate yang berguna untuk mengurangi friksi antar komponen mesin pada suhu dan putaran mesin yang tinggi. Viscositas yang rendah agar memudahkan sirkulasi pelumas dan memberikan konsumsi bahan bakar yang lebih ekonomis lebih baik sekaligus motor matic dihidupkan.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Related Posts