50 Tim Indonesia Siap Beraksi dalam Shell Eco-marathon Asia 2023 di Mandalika

Shell Eco-marathon Asia 2023 Mandalika
Salah satu peserta yang akan mengikuti Shell Eco-marathon Asia 2023 di Mandalika. Foto : Tri/Autonesian

Autonesian.com – Tahun 2023 Indonesia kembali menjadi tuan rumah di ajang bergengsi, kali ini Shell Eco-marathon (SEM) Asia akan digelar di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 4-9 Juli 2023, mendatang.

Ajang bergengsi ini merupakan untuk mengembangkan ide-ide inovatif untuk kendaraan yang lebih efisien ini akan mempertemukan lebih dari 80 tim dari 14 negara di kawasan Asia dan Timur Tengah.

Tahun SEM Asia ini, tercatat lebih dari 50 tim peserta dari berbagai provinsi di Indonesia akan turut berpartisipasi dalam kompetisi mobil hemat energi ini.

Selain menjadi ajang kompetisi adu inovasi, ajang ini juga menjadi wadah konektivitas bagi pelajar, pelaku bisnis, akademisi serta pemangku kepentingan untuk menghadirkan solusi untuk mobilitas yang lebih cerdas.

Susi Hutapea, Vice President Corporate Relations Shell Indonesia, mengatakan,”Di tahun ini, kami bangga melihat antusiasme dan partisipasi tim Indonesia yang terus meningkat dengan inovasi yang senantiasa berkembang.”

Baca Juga :  Pertamina Klarifikasi Praktik Kecurangan SPBU Kemayoran

Pada ajang ini juga, pihaknya berharap dengan adanya Shell Eco-marathon dapat terus mendorong tim mahasiswa untuk menciptakan terobosan dan berkontribusi terhadap agenda transisi energi di Indonesia.

Di Shell Eco-marathon Asia 2023, Indonesia menjadi negara dengan tim peserta terbanyak yang mengirimkan perwakilannya. Lebih dari 50 tim yang berasal dari berbagai universitas yang tersebar di seluruh Indonesia telah mempersiapkan inovasinya.

Shell Eco-marathon Asia 2023 Mandalika

Adapun akan diikuti di antaranya Batavia Gasoline Team 2 dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang akan bertanding di kategori UrbanConcept dan Team Bumi Siliwangi 2 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Tahun ini juga untuk pertama kalinya, ada tim dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia yang juga akan ikut meramaikan ajang kompetisi internasional ini di kategori Prototype.

Baca Juga :  Mastercard dan Blue Bird Umumkan Para Pemenang Road To Cardiff 2017

Sementara Yusuf Aji Widiyanto, Manager Team Batavia Gasoline Team 2 mengatakan, “Kami senang dapat mewakili Indonesia untuk berlaga di ajang Shell Eco-marathon Asia 2023 karena kami harus melewati proses yang cukup panjang dan tidak mudah.”

Tim-tim mahasiswa peserta Shell Eco-marathon akan berkompetisi dalam dua kategori rancangan kendaraan yakni UrbanConcept dan Prototype.

Adapun sumber energi atau bahan bakar untuk kendaraan yang digunakan juga bervariasi yakni baterai listrik, hydrogen fuel-cell, bensin, etanol dan atau diesel.

Kompetisi Shell Eco-marathon Asia 2023 kali ini juga akan menghadirkan berbagai rangkaian acara lainnya yang dapat dikunjungi oleh para peserta, seperti seminar Shell Mobility, Shell LiveWIRE dan Shell NXplorers.

Selajutnya digelar Shell Indonesia Women’s Network, juga Paddock Tour yang akan melibatkan berbagai pihak termasuk pelajar, mitra bisnis, pemangku kepentingan dan pelaku industri lainnya.

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Related Posts