Bedah Teknologi di LMPV Pertama Berteknologi Hybrid dari Suzuki

All New Suzuki Ertiga Hybrid
All New Suzuki Ertiga Hybrid. Foto : Autonesian/Tri

Autonesian.com – Sejak tahun 2012, Suzuki telah memperkenalkan mobil keluarga di segmen Low Multi Vehicle Purpose (LMPV) dengan menghadirkan produk dengan nama Ertiga khususnya untuk pasar otomotif di Indonesia.

Dalam kurun waktu 10 tahun tersebut, pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga terus berupaya memenuhi kebutuhan pasar dengan menghadirkan beragam perubahan pada Ertiga dan belum lama ini juga telah meluncurkan All New Ertiga yang mengusung teknologi Mild Hybrid Electric Vehicles (MHEV).

Mobil LMPV yang diproduksi dengan memanfaatkan fasilitas pabrik di kawasan Cikarang, Bekasi ini juga tetap mempertahankan ciri khas sebagai mobil keluarga dengan mengandalkan kapasitas penumpang yang ditunjang oleh ruang kabin luas dan efisien terhadap bahan bakar.

“All New Ertiga Hybrid yang menawarkan manfaat mobil elektrifikasi dan efisiensi bahan bakar tapi dengan harga yang sangat kompetitif. Selain itu, All New Hybrid juga akan diekspor ke berbagai negara tujuan di seluruh dunia,” kata President Director Suzuki Indonesia, Shingo Sezaki beberapa lalu pada saat peluncuran.

Untuk teknologi yang digunakan di generasi terbaru dari Suzuki Ertiga Hybrid ini mengandalkan dua teknologi, yakni Integrated Stater Generator (ISG) dan Lithium-ion battery. Dimana teknologi sebagai pendamping atau penunjang dari mesin pembakaran konvesional.

All New Suzuki Ertiga Hybrid

Menariknya mobil yang tidak hanya dirasakan untuk pasar otomotif Indonesia dan juga akan dijadwalkan ekspor di beberapa negara dengan kehadiran teknologi yang disematkan tersebut. Suzuki Indonesia juga menilai mobil hybrid ini dapat menjadi solusi masyarakat untuk menghemat konsumsi bahan bakar.

Suzuki Smart Hybrid juga dapat diandalkan dalam kondisi rute panjang maupun di daerah yang identik dengan kemacetan. Pada ISG sendiri membantu proses bekerja untuk menghidupkan mesin menjadi lebih cepat dan halus, serta meringankan kerja mesin saat mobil dalam kondisi berakselerasi sehingga lebih hemat bahan bakar.

Sementara teknologi Suzuki Smart Hybrid dapat memungkinkan terjadi proses pengisian daya listrik ke baterai Litium-ion secara otomatis, hal ini didukung dengan regenerative deceleration, atau energi akan disimpan kembali ke baterai saat mobil melakukan perlambatan kecepatan.

Baca Juga :  Juara Dunia Superbike, Jonathan Rea Jajal All-New Kawasaki Ninja 250 di Sentul

Melalui gabungan teknologi di mobil pertama LMPV ini dengan disematkan Hybrid ini dapat memudahkan konsumen pada saat melakukan perjalanan tanpa memikirkan untuk mengisi ulang daya pada baterai seperti membawa mobil listrik, karena tidak perlu pergi ke stasiun pengisian kendaraan listrik.

All New Suzuki Ertiga Hybrid ini berkat teknologi tersebut, konsumen juga bisa mendapatkan fitur Auto Start-Stop yang bekerja pada saat kondisi kemacetan. Dimana mobil akan secara otomatis mematikan mesin saat dalam kondisi berhenti sehingga dapat menghemat bahan bakar.

All New Suzuki Ertiga Hybrid

Pada saat berakselerasi, mobil keluarga ini juga tidak ketinggalan telah memiliki fitur acceleration assist yang bekerja untuk menambah daya terhadap Lithium-ion battery ke motor dalam menunjang efisiensi terhadap konsumsi bahan bakar.

Secara performa, All New Suzuki Hybrid yang mengandalkan Smart Hybrid dengan mengambungkan tiga teknologi mesin, yakni mesin K15b berkapasitas 1.500 cc empat silinder, ISG dan Lithium-ion ini secara kertas dapat melontarkan tenaga mencapai maksimal 104,7PS/6.000 Rpm serta disandingkan dua pilihan transmisi, yaitu manual dan otomatis.

Selain menghadirkan teknologi baru terhadap ruang mesin, pihak Suzuki Indonesia tidak ketinggalan turut menyematkan beberapa fitur keamanan berkendara antara lain CCruise Control, Gear Shift Indicator, Guide Me Light, Electronic Stability Programme (varian GX), Hill Hold Control (varian GX-AT), Platform HEARTECT, Dual SRS Airbags, ABS + EBD dan ISOFIX.

All New Ertiga Hybrid tersedia dalam pilihan transmisi manual (MT) 5 percepatan dan otomatis (AT) 4 percepatan dengan dua tipe yaitu GX dan Suzuki Sport yang dijual mulai dari Rp. 270,300 juta hingga Rp. 292.300 juta. Berikut secara detail harganya yang berlaku untuk wilayah Jakarta bulan Juni 2022 :

– All New Ertiga Hybrid SS-AT Rp292.300.000
– All New Ertiga Hybrid SS-MT Rp281.300.000
– All New Ertiga Hybrid GX-AT Rp281.300.000
– All New Ertiga Hybrid GX-MT Rp270.300.000

Total
0
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Previous Article
Kawasaki KLX230S KLX230 SM

Kawasaki Luncurkan 2 Model Trail Baru dan Sepeda Listrik di Indonesia

Next Article
ENEOS Bali United

ENEOS Siap Dukung Bali United di Liga 1 Musim 2022/2023

Related Posts